-->

Top 10 Film Animasi Terbaik 2020, dari Heroes Rising sampai Soul

Secara teknis, sangat sedikit film animasi baru yang ditayangkan perdana pada tahun 2020. Ya, tahun ini memang banyak bioskop tutup dikarenakan pandemi, sehingga tidak heran apabila banyak produser film menunda penayangan film yang seharusnya rilis di tahun ini.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada sama sekali film animasi terbaru yang bagus dan cukup layak ditonton di tahun 2020. Setidaknya, dalam daftar ini kami telah menemukan film-film animasi keren dari berbagai genre dan negara berbeda.

Penasaran dengan apa saja judul filmnya? Yuk langsung saja deh kita simak daftar rekomendasi film animasi terbaru 2020 yang wajib kamu tonton!

Oh ya, jangan lupa juga membaca daftar anime movie jepang terbaik dan paling romantis.


Rekomendasi Film Animasi Terbaik 2020


#10 - My Hero Academia: Heroes Rising

Sejak pertama kali ditayangkan pada tahun 2016, My Hero Academia telah mengamankan tempatnya sebagai salah satu anime shounen terbaik di hati para wibu. 

Mengisahkan tentang para manusia yang memiliki kemampuan unik bernama ‘Quirks’, anime ini dengan intens menyajikan berbagai aksi menarik dan seru untuk ditonton.

Cerita anime My Hero Academia berfokus kepada perjalanan Midoriya Izuku, seseorang yang tidak memiliki quirk / quirkless hingga menjadi hero No.1.

Pada tahun 2020 ini, My Hero Academia merilis film keduanya setelah Two Heroes pada tahun 2018 lalu, yaitu sebuah film berjudul My Hero Academia: Heroes Rising.

Cerita dalam film Heroes Rising berlangsung beberapa minggu setelah berakhirnya arc pertama dari musim keempat. 

Dengan All Might sekarang sudah pensiun, Midoriya dan teman-teman sekelasnya dimendapat tugas untuk melindungi penduduk pulau kecil Nabu. 

Situasi berubah menjadi kacau ketika pulau Nabu diserang oleh sekelompok penjahat yang dipimpin oleh Nine yang misterius. Terputus dari daratan dan tidak ada cara untuk menghubungi guru mereka untuk meminta bantuan, Midoriya dkk pun harus berjuang sendiri untuk menyelamatkan pulau dari bencana. Mampukah mereka?

My Hero Academia: Heroes Rising tidak diragukan lagi adalah salah satu film animasi terbaik tahun 2020 yang wajib ditonton. Anime ini memiliki banyak adegan aksi dan efek visual yang luar biasa, walaupun dari segi cerita tidak terlalu istimewa.


#9 - Onward

Onward menjadi film animasi 2020 yang menurut kami biasa saja untuk level Disney-Pixar. Film ini memiliki konsep yang hebat dan agresif, mengemukakan apa yang akan terjadi jika makhluk gaib ditumpulkan oleh generasi kapitalisme hingga kehilangan semua yang ajaib tentang mereka.

Jalan ceritanya yang terlalu berkelok-kelok sedikit membuat penonton merasa bosan, walaupun secara keseluruhan film ini menarik dan layak untuk ditonton.

Baca juga: Rekomendasi Film Disney-Pixar Terbaik

Meski begitu, Onward masih memberikan satu atau dua momen khas Pixar, termasuk adanya momen menyentuh hati yang sangat mungkin membuat penontonnya meneteskan air mata.

Onward yang disutradarai oleh Dan Scanlon ini mungkin bukan merupakan film animasi Pixar terbaik, tapi bukan berarti kamu boleh melewatkannya.


#8 - The Croods: A New Age

The Croods: A New Age adalah sekuel dari film animasi DreamWorks yang rilis pada tahun 2013 lalu, The Croods.

Meskipun secara jelas film ini dibuat untuk dinikmati anak-anak sebagai prioritas pertama, A New Age condong ke komedi fisik dan, karena kurangnya frasa yang lebih baik, humor kasar dari pendahulunya dengan kesuksesan, menciptakan kejar-kejaran ringan dan ambisius yang akan disukai anak-anak. Dan mungkin orang dewasa juga akan menyukainya.

Tidak banyak waktu telah berlalu sejak film pertamanya, di mana keluarga Crood — dipimpin oleh Patriark Grug (Nicolas Cage) — bergabung dengan pemuda yatim piatu (Ryan Reynolds) untuk mencari “Tomorrow” ambigu yang didesak oleh almarhum orang tuanya. 

Awalnya, mereka tampak menemukannya di taman Phil (Peter Dinklage) dan Hope Betterman (Leslie Mann). 

Mereka memimpin keluarga manusia yang telah memeluk tiruan teknologi modern dan kehidupan yang terlindung, membangun tembok yang mengelilingi rumah mereka untuk memblokir dunia luar.

Meski bagus untuk ditonton, namun The Croods: A New Age hanya mendapat posisi 8 dalam daftar film animasi terbaik 2020 ini. 

Karena tidak memiliki bobot emosional, dunianya tidak sedalam properti DreamWorks Animation lainnya (seperti Kung Fu Panda atau How to Train Your Dragon), tetapi ia memberi ruang untuk menjadi film komedi yang dapat mengundang senyum bahkan tawa. 

Nyatanya, saya pikir saya tertawa sedikit lebih banyak ketika menonton A New Age daripada yang saya lakukan ketika menonton The Croods yang pertama.


#7 – Over the Moon

Rekomendasi film animasi hollywood terbaik tahun 2020 selanjutnya adalah Over the Moon. Over the Moon adalah langkah paling berani Netflix dalam dunia produksi film animasi untuk menyaingi Disney. 

Disutradarai oleh mantan animator Disney; Glen Keane, yang pernah bertanggung jawab untuk menghidupkan film-film seperti The Little Mermaid, Aladdin dan Tangled.

Film animasi Over the Moon memiliki koleksi lagu-lagu yang menarik dan menghangatkan hati, animasi warna-warni yang eksplosif, dan sebuah cerita yang terbenam dalam budaya Tiongkok, film tersebut tampaknya memiliki semua bagian dari animasi klasik lainnya. 

Film animasi 2020 ini mengikuti kisah seorang gadis Cina berusia 14 tahun bernama Fei Fei (Cathy Ang) yang tinggal bersama ayahnya yang sekarang tunggal empat tahun setelah kematian ibunya.

Masih berduka atas kehilangannya, Fei Fei berpegang teguh pada cerita tradisional ibunya tentang dewi Chang'e (Phillipa Soo) yang tinggal di bulan, menunggu kekasihnya yang telah meninggal, dan percaya bahwa jika dia dapat membuktikan kepada ayahnya bahwa Chang'e ada, dia akan mengikuti teladannya dan berhenti mencoba untuk memulai sebuah keluarga baru. 

Meskipun tidak dikontekstualisasikan dengan buruk, rangkaian animasi yang indah di Over the Moon tidak dapat diabaikan, dan ada kalanya tampilan warna-warni cukup memikat untuk mengalihkan perhatian dari kompleksitas plot. 

Ada kemungkinan besar bahwa anak-anak yang sangat muda akan menyukai film ini karena warna-warna cerah dan hewan-hewan lucu, dan lagu-lagunya cukup menarik sehingga semakin membuat nyaman ketika ditonton. Over the Moon ini jangan sampai kamu lewatkan guys.


#6 - The Willoughbys

Adaptasi eksentrik Lois Lowry Netflix dari sutradara Kris Pearn dan co-sutradara Cory Evans dan Rob Lodermeier, The Willoughbys sukss menumbangkan ekspektasi untuk film animasi tradisional berbasis keluarga. 

Plot yang didasarkan pada anak-anak yang ingin "menjadi yatim piatu" dengan mengirimkan orang tua mereka yang buruk, kasar, dan sangat mesra (kepada satu sama lain) dalam rangkaian liburan yang semakin berbahaya tentu tidak memiliki kemilau Disney yang begitu apik. 

Bagi mereka yang mencari sesuatu yang sedikit berbeda, The Willoughbys bisa menjadi tontonan yang tepat.

Film animasi terbaik 2020 ini memiliki ide cerita yang cerdas, dengan lelucon yang tajam dan karakter yang sangat konyol memberikan desain yang bulat dan penuh energi dan nilai hiburan yang tak ada. 


#5 - A Whisker Away

Jika kamu penggemar film anime romantis dari Jepang seperti Kimi no Nawa atau Koe no Katachi, maka di tahun 2020 ini ada film A Whisker Away yang bisa kamu tonton.

Ada hal-hal yang lebih menyeramkan yang dilakukan di film daripada secara ajaib berubah menjadi kucing untuk lebih dekat dengan orang yang Anda sukai, tetapi itu sedikit dan jarang. 

Ia tidak persis berdiri di luar jendela dengan boom box. Namun dalam sutradara Junichi Sato dan Tomotaka Shibayama's A Whisker Away, bahkan premis gila ini menghasilkan keindahan dan romansa yang menyentuh. 

Naskah Mari Okada dengan cekatan melompati anime melalui beberapa putaran emosional, menjalankannya melalui terowongan mainan yang berkerut, akhirnya mendaratkan premis konyolnya — penuh dengan sekelompok siswa sekolah menengah yang marah dan depresi — dalam kejujuran emosional. 

Baca juga: 20 Film Animasi Dinosurus Terbaik Untuk Ditonton Anak

Sedikit keajaiban dunia lain dari kanon Miyazaki (kucing pemukul wajah yang gemuk dan seluruh dunia kucing yang tak terlihat) bercampur dengan baik dengan beberapa penyelaman jujur ke dalam masalah kesehatan mental karakternya (tidak sedalam dan sekelam Neon Genesis Evangelion , tetapi dengan gaya yang serupa). 

Meskipun karakternya sedikit mengganggu saat Anda bertemu dengan mereka — mereka adalah siswa sekolah menengah — kebenaran di balik cerita berhasil terpancar, sambil membuat kami terkesan dengan animasi binatang yang realistis dan penggambaran yang menakjubkan dari kehidupan kota kecil Tokoname.


#4 - A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon


Film Aardman kedua yang menampilkan Shaun the Sheep, A Shaun the Sheep Movie: Farmageddon mengambil semua claymation yang sangat indah dari film studio sebelumnya dan filmografi Wallace dan Gromit dan Chicken Run-nya (yang melihat cameo berakhir jalannya film yang diisi media) dan memberinya lapisan cat sci-fi yang luas. 

Slapstick yang dihasilkan, yang melihat bayi alien lucu Lu-La tersandung ke Mossy Bottom Farm, melintasi wilayah yang akrab bagi penggemar genre mana pun sekaligus membuatnya dapat diakses oleh semua orang — anggap saja ini seperti komedi bisu lucu yang memberi tumpangan kepada anak-anak muda melalui seperti ET, Close Encounters, dan The X-Files. 

Helmers Richard Phelan dan Will Becher menjaga segala sesuatunya tetap hidup dan tajam, dengan kecepatan beramai-ramai dan beragam kejenakaan yang abadi, lucu, dan agnostik usia seperti karya Chaplin, Keaton, dan Lloyd. Lebih pulen. 

Farmageddon bahkan menyadap sedikit ke dalam sistem pesan seperti Pixar (meskipun tema yang lebih sederhana ditargetkan untuk kelompok yang lebih muda) tentang kebaikan dan empati terlepas dari perbedaan. 

Ini adalah film animasi terbaru 2020 yang lembut dan sederhana, dengan lebih banyak kesamaan dengan getaran santai dari TV animasi anak-anak daripada komedi Inggris yang paling tajam, tapi film animasi ini adalah salah satu yang benar-benar menyenangkan untuk ditonton.


#3 – Kimetsu no Yaiba: Mugen Train

Kepopuleran anime Kimetsu no Yaiba yang meroket membuat serial ini menjadi hits di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Anime yang mengisahkan tentang para pemburu iblis ini memang memiliki cerita dan visual yang oke dan menyentuh hati, sehingga tidak heran apabila banyak orang menyukainya.

Setelah kesuksesan anime musim pertamanya, Kimetsu no Yaiba melanjutkan kiprahnya dengan merilis film terbaru yang berjudul Kimetsu no Yaiba: Mugen Train.

Film ini melanjutkan kisah Kamado Tanjiro yang bertemu dengan Rengoku sang Pilar Api, di mana mereka melawan iblis yang sangat kuat di atas kereta. Film animasi 2020 ini diadaptasi dari manganya. 

Dengan cerita yang penuh aksi dan jurus keren, ditambah banyaknya momen dark dan menyentuh membuat film Kimetsu no Yaiba: Mugen Train menjadi salah satu film animasi favorit kami di tahun 2020.


#2 - Wolfwalker

Rekomendasi film animasi terbaru 2020 yang bagus berikutnya adalah Wolfwalker. Proyek terbaru Tomm Moore dari Cartoon Saloon, studio animasi yang ia dirikan bersama pada 1999 bersama Paul Young, dan pencipta trilogi cerita rakyat Irlandia yang diadaptasi secara bebas. 

Sekilas, film tersebut tampak terbebani dengan terlalu banyak pemikiran — terutama pemikiran tentang segala sesuatu mulai dari kolonialisme Inggris hingga potret sungguh-sungguh mitos Irlandia.

Menghubungkan kutub-kutub ini adalah kisah persahabatan lintas batas dan batas sosial, nyanyian untuk dunia yang ditekan di bawah tumit laki-laki, drama keluarga antara seorang gadis yang disengaja dan ayahnya yang penuh kasih tetapi terlalu protektif, dan janji akan seperti apa kehidupan jika orang asing. 

Mencapai melintasi perbatasan dan batas untuk menemukan, jika bukan cinta, maka setidaknya kesamaan. 

Baca juga: 10 Fakta Menarik di Balik Film Soul Pixar

Bagaimana Moore dan kolaboratornya Ross Stewart dan Will Collins menciptakan ekonomi penulisan skenario yang begitu kuat sehingga masing-masing utas ini tidak hanya masuk ke dalam 103 menit Wolfwalkers, tetapi juga merasa sangat penting untuk semangatnya, kemungkinan besar merupakan keseluruhan narasi tersendiri. 

Pencapaian kolektif mereka berbicara dengan sendirinya, tentu saja: Wolfwalkers adalah upaya yang menakjubkan, yang terbaik dari karir Moore dan Cartoon Saloon terbaik yang telah diproduksi hingga saat ini. 

Setiap detail di animasi ini, setiap hiasan, memiliki tujuan, apakah percikan merah pada kelopak bunga, tepi lembut di sekitar pohon yang diterangi senja, atau urutan layar terbagi tiga panel yang terbaca seperti halaman manuskrip yang menyala dihidupkan. 

Efeknya ajaib, dan sihir itu dalam dan menakjubkan. Tidak berlebihan jika Wolfwalker pantas menjadi peringkat kedua dalam film animasi terbaik 2020 ini.


#1 – Soul

Dan, ini dia puncak daftar film animasi hollywood terbaik tahun 2020, yaitu Soul dari Disney-Pixar.

Pixar telah terbukti menjadi studio penghasil animasi terbaik selama bertahun-tahun, Soul mencocokkan ketangkasan musiknya dengan desain karakter dan lokasi yang merupakan surat cinta sejati untuk Kota New York dan penduduknya. 

Begitulah seharusnya film tentang belajar mencari sesekali dan menikmati kehidupan yang terjadi di sekitar Anda. 

Kurang memabukkan daripada Inside Out, berkat akarnya yang membumi di tukang cukur dan ruang belakang penjahit, Soul masih menjadi salah satu Pixar yang paling eksistensial. 

Film animasi ini fokus pada Joe Gardner yang terobsesi pada musik Jaxx, ia mendapatkan pelajaran tentang “It’s a Wonderful Life” sementara jiwa yang belum lahir, 22 (Tina Fey) belajar tentang semua kehidupan yang ditawarkan bersamanya.

Dengan banyak lelucon dan kreasi visual yang mengesankan untuk menutupi beberapa keputusan plot yang sulit, Soul masih bernyanyi. 

Ada beberapa pencahayaan paling mengesankan yang pernah saya lihat dalam film animasi, dengan kulit, rambut, dan instrumen logam yang berkilau dengan kompleks, nyaris fotorealisme yang mengundang Anda untuk menjangkau dan menyentuhnya.

Sebagai persembahan premium Pixar pada tahun 2020, air mata mengalir lebih awal dan sering kali saat montase yang menghancurkan dan pertunjukan instrumental yang menginspirasi berulang kali membuktikan betapa besar kegembiraan yang bisa dihargai di dunia ini — dan seberapa besar kegembiraan film Pixar memiliki potensi untuk ditangkap. 

Soul adalah film yang menakjubkan dan unik, memiliki nilai moral yang tinggi dan pastinya memiliki banyak momen berkesan di dalamnya. Pastikan kamu menonton film animasi 2020 terbaik satu ini ya.


Demikian beberapa film animasi terbaru dan terbaik tahun 2020 yang bisa kamu tonton di bioskop maupun di berbagai platform online favoritmu. Dari sekian banyak film animasi di atas, mana aja nih yang belum kamu tonton? Berikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Next > Film Animasi Terbaik 2018


0 Response to " Top 10 Film Animasi Terbaik 2020, dari Heroes Rising sampai Soul"

Posting Komentar