10 Anime tentang Budaya Jepang dan Sejarah Jepang yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

Sindu
By -
0

Mencari rekomendasi anime terbaik yang mengisahkan budaya tradisional Jepang?

Anime dipenuhi dengan semua jenis cerita, tetapi karena ini adalah bentuk seni khas Jepang, ada juga banyak anime yang berfokus pada budaya tradisional negara tersebut. Khususnya, anime tidak harus berlangsung di zaman kuno untuk mencerminkan berbagai aspek tradisional budaya Jepang.

Ada beberapa seri seputar bentuk seni, permainan, musik, dan cerita tradisional Jepang yang masih berlangsung di zaman modern. Meskipun demikian, latar sejarah juga tidak selalu merugikan. Kadang-kadang, bahkan seri fiksi ilmiah membutuhkan waktu untuk memberikan pelajaran sejarah singkat ketika diperlukan.

Sebagai bentuk seni Jepang yang unik, ada juga banyak anime yang berfokus pada budaya tradisional Jepang. Apa saja?


Rekomendasi Anime tentang Budaya Jepang

#10 – Chihayafuru, tentang Permainan Jepang Karuta

Rekomendasi Anime tentang Budaya Jepang #10 – Chihayafuru, tentang Permainan Jepang Karuta

Dalam anime Chihayafuru, Chihaya Ayase terinspirasi untuk menjadi pemain Karuta papan atas setelah dia bertemu dengan seorang murid pindahan, Arata Wataya, yang memiliki mimpi yang sama.

Karuta adalah kartu remi Jepang yang terinspirasi dari kartu remi yang diperkenalkan oleh pedagang Portugis. Selama bertahun-tahun, permainan ini telah terpecah menjadi dua cabang: satu berdasarkan langsung pada kartu Portugis dan satu lagi berdasarkan tradisi "e-awase", yang dipengaruhi oleh kontes lukisan sejarah.


#9 – Barakamon, tentang Kaligrafi dan Budaya Kepulauan Goto Jepang

Mencari rekomendasi anime terbaik yang mengisahkan budaya tradisional Jepang?

Dalam anime Barakamon, Sei Handa, juga dikenal sebagai "Seishuu" atau "Sensei", adalah seorang kaligrafer muda yang mendapat masalah karena menyerang kritikus karyanya. Hukumannya dikirim ke Kepulauan Goto, menyebabkan dia menyesuaikan diri dengan kehidupan pulau saat penduduk setempat terlibat dalam hidupnya.

Selain cerita yang melibatkan bentuk seni kaligrafi, penekanan kuat diberikan pada budaya Kepulauan Goto. Padahal, judul pertunjukan itu berasal dari kata "ceria" dari dialek Kepulauan Goto.


#8 – Hanayamata, tentang Tarian Yosakoi yang Menggabungkan Tradisi Dengan Modernitas

8 – Hanayamata, tentang Tarian Yosakoi yang Menggabungkan Tradisi Dengan Modernitas

Rekomendasi anime tentang budaya jepang berikutnya adalah Hanayamata. Di Hanayamata,  Naru Sekiya adalah seorang gadis muda yang terobsesi dengan dongeng yang melihat apa yang menurutnya peri hanya untuk mengetahui bahwa dia adalah penari asing. Melalui pertemuan ini, Naru memasuki dunia tarian yosakoi.

Yosakoi adalah gaya tarian yang memadukan tarian tradisional dengan musik modern, sering menampilkan pria dan wanita dari berbagai usia. Baik pria maupun wanita dapat berada di tim yang sama dan tampil dalam kelompok besar.


#7 – Joshiraku, tentang Komedi Rakugo Jepang

#7 – Joshiraku, tentang Komedi Rakugo Jepang

Di anime Joshiraku, pemeran utamanya terdiri dari lima komedian rakugo. Serial ini berputar di sekitar kehidupan sehari-hari mereka dan percakapan mereka satu sama lain. Dalam komedi rakugo , pendongeng duduk di atas panggung sepanjang waktu dan hanya menggunakan kipas kertas dan kain kecil sebagai alat peraga. 

Terlepas dari keterbatasannya, cerita yang panjang dan rumit sering terjadi. Komedi Rakugo memiliki pengaruh yang signifikan terhadap budaya Jepang. Salah satu rakugo, misalnya, membantu mempopulerkan konsep shinigami dalam fiksi Jepang .


#6 - Golden Kamuy, tentang Budaya Ainu Jepang

#6 - Golden Kamuy, tentang Budaya Ainu Jepang

Secara longgar didasarkan pada peristiwa nyata , Golden Kamuy berputar di sekitar Saichi Sugimoto, seorang veteran Perang Rusia-Jepang. Dia mencari harta karun emas orang Ainu, yang merupakan penduduk asli dan kelompok etnis di wilayah utara Jepang di Hokkaido.

Saichi dibantu oleh seorang gadis Ainu bernama Asirpa dan bahasa Ainu diberi fokus besar di sepanjang seri. Pembuat serial ini bahkan telah berkonsultasi dengan para pakar bahasa Ainu Jepang untuk membantu memproduksi serial tersebut.


#5 -  Those Snow White Notes, Berfokus Pada Musik Shamisen

10 Anime tentang Budaya Jepang dan Sejarah Jepang yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

Dalam Those Snow White Notesitu , Setsu Sawamura adalah seorang musisi berbakat yang memainkan shamisen yang diwarisi dari kakeknya. Shamisen adalah instrumen tiga senar tradisional Jepang yang memiliki sejarah panjang di negara ini.

Setsu didorong oleh keinginan kakeknya untuk meningkatkan keterampilan musiknya lebih dari sekadar meniru dia, mengirimnya dalam perjalanan yang pada satu titik membuatnya putus sekolah sampai dia bertemu kembali dengan ibunya yang terasing.

Baca juga: 25 Anime Romance Terbaik dalam 10 Tahun Terakhir


#4 – Mitsuwano, tentang Tiga Geisha Muda

#4 – Mitsuwano, tentang Tiga Geisha Muda

Dalam OVA Mitsuwano , tiga maiko muda, Riko, Midori, dan Mai, mempersiapkan festival yang akan datang sambil bekerja di sebuah penginapan di Kyoto. Berhasil melalui magang maiko adalah satu-satunya cara yang diharapkan seorang gadis untuk menjadi seorang geisha.

Maiko adalah semacam geisha magang yang dikenal di Kyoto dan Jepang Barat yang bertugas membawakan lagu dan tarian, terutama menggunakan instrumen tradisional Jepang. Kata "maiko" berarti "anak penari". Oleh karena itu, mereka biasanya lebih muda dari geisha dan kurang memiliki keterampilan berbicara. Anime yang mengisahkan tentang geisha ini tidak boleh kamu lewatkan.


#3 - Hanasaku Iroha, Menampilkan Wanita yang Bekerja di Ryokan

#3 - Hanasaku Iroha, Menampilkan Wanita yang Bekerja di Ryokan

Di Hanasaku Iroha , Ohana Matsumae adalah seorang gadis muda yang ditinggalkan dalam perawatan neneknya setelah pacar ibunya membuat mereka berhutang. Saat dia segera mengetahui, neneknya menjalankan ryokan — penginapan sumber air panas tradisional Jepang — di mana dia segera mulai bekerja dengan imbalan kamar dan pondokan.

Telah ada sejak zaman Keiun, salah satu ryokan tersebut diyakini sebagai hotel tertua di dunia. Namun, di Jepang modern, mereka menjadi jauh lebih jarang daripada hotel konvensional. Konon, Hanasaku Iroha meningkatkan pariwisata untuk Pemandian Air Panas Yuwaku di wilayah Kanasawa, Ishikawa setelah ditayangkan.


#2 - Kabukibu!, tentang Budaya Kabuki

#2 - Kabukibu!, tentang Budaya Kabuki

Dalam anime Kabibubu! , Kurogo Kurusu adalah seorang anak laki-laki yang mencintai kabuki dan kemudian membentuk klub kabuki di sekolah menengahnya setelah tidak dapat melakukannya untuk klub lain.

Diyakini berasal dari zaman Edo, kabuki adalah bentuk drama tari klasik yang terutama dikenal karena penggunaan tata rias panggung yang rumit. Kabuki dan noh terkadang digabungkan tetapi mereka adalah bentuk seni yang berbeda. Drama Noh menggunakan topeng yang rumit dan dianggap jauh lebih tradisional di Jepang sementara kabuki dianggap sebagai sesuatu yang bahkan dapat dinikmati oleh orang biasa.


#1 - Folktales From Japan , Mengadaptasi Cerita Tradisional & Akrab Jepang

#1 - Folktales From Japan Adapts, Mengadaptasi Cerita Tradisional & Akrab Jepang

Folktales From Japan adalah anime antologi yang menceritakan banyak cerita rakyat tradisional Jepang, termasuk cerita terkenal seperti Urashima Taro yang tragis , Putri Hachikatsugi yang memakai mangkuk, putri bulan Kaguya, dan Momotaro yang bertarung dengan oni.

Beberapa cerita adalah versi dongeng yang akrab dengan anak-anak Barat. "Ash-Covered Haitaro" menampilkan seorang anak laki-laki pelayan yang tertutup abu yang melarikan diri dari ibu tirinya yang jahat dan menjadi pengantin pria dari putri seorang bangsawan, yang secara efektif merupakan Cinderella versi Jepang   dengan pemeran utama pria.

Baca juga: 5 Film Horor Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

Tag: Rekomendasi anime tentang budaya jepang yang bagus, anime yang mengisahkan tentang game permainan jepang, budaya tradisional jepang, anime tentang pemandian air panas, anime tentang keseharian dan menjelajahi temapat wisata jepang

Nah, itulah sepuluh anime terbaik yang berkisah tentang budaya jepang. Jika kamu ingin mempelajari budaya jepang tradisional mapun modern, 10 anime di atas wajib banget untuk ditonton. Dari sekian banyak anime tentang budaya jepang diatas, adakah yang menarik perhatianmu? 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!