Rabu, 12 Juli 2017

Inilah Daftar Tugas Sutradara Film, Pastikan untuk Mengetahuinya!

Apa aja sih tugas sutradara film? Ketahui daftar lengkapnya dalam artikel berikut ini!


Daftar Tugas Sutradara Film lengkap

SinduLin.web.id – Salah satu daya tarik sebuah film akan ramai ditonton oleh banyak orang adalah siapa sutradara yang menangani film tersebut. Jika sutradara tersebut banyak membuat karya yang bagus dan disukai, maka biasanya film yang dirilis selanjutnya akan mengumpulkan banyak penonton.

Sutradara adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap proses produksi sebuh film. Proses produksi sebuah film tidak bisa terlepas dari peran sutradaranya. Seorang sutradara film harus kreatif di bidang sinematografi supaya menghasilkan visualisasi film yang bagus dari skenario yang sudah dibuat sebelummnya.

Sutradara pun juga harus pandai mengarahkan para pemain (aktor dan aktris) agar menghasilkan adegan yang bagus dan sesuai dengan skrip. Jadi sutradara merupakan orang yang sangat penting dalam sebuah proses produksi film. Ia yang jadi penentu apakah filmnya bisa sukses atau tidak.

Sutradara juga bekerja sama dengan berbagai kru lainnya seperti penulis skenario dan produser. Ia bertugas untuk memvisualisasikan skenario yang telah ditulis menjadi bahasa gambar atau adegan dan digabungkan dengan efek seni kreatif serta drama baik audio maupun visual. Sutradara juga mengarahkan para kru dan pemain agar dapat merealisasikan adegan seperti yang diinginkan sesuai kreativitasnya.

Berikut ini adalah daftar tugas seorang sutradara film yang lebih terperinci :


Daftar Tugas Sutradara Film lengkap


  1. Mempelajari skenario, mulai dari membaca dan memahami untuk kemudian divisualisasikan dalam bentuk adegan atau scene
  2. Memilih kru yang akan digunakan dalam proses pengerjaan film dan dibantu oleh produser
  3. Melakukan casting film untuk memilih aktor dan aktris yang akan bermain dengan bantuan asisten sutradara dan casting director
  4. Melakukan pengerjaan rehearsal yaitu melakukan pembahasan bersama aktor dan aktris untuk menyampaikan visi dan misi film tersebut
  5. Mencari tempat lokasi syuting dengan bantuan kru lain
  6. Memberi pengarahan dan input terhadap tiap aktor dan aktris agar menjiwai peran sesuai dengan skenario yang telah dibuat
  7. Mengambil keputusan secara cepat jika ada kendala saat proses syuting
  8. Memimpin jalannya syuting
  9. Menentukan adegan-adegan yang akan dilakukan
  10. Melakukan evaluasi materi editing yang telah dikerjakan oleh editor dan mixing


Baca juga: Daftar Film Alexandra Daddario, dari True Detectice hingga Baywatch


Demikianlah daftar tugas dari seorang sutradara yang bertanggung jawab dalam pembuatan sebuah film baik dari pra produksi sampai pasca produksi. Mungkin ada di antara kamu yang bercita-cita menjadi sutradara?

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner