Minggu, 29 Desember 2019

Review Film Kim Ji Young Born 1982, Film tentang Masalah-masalah Perempuan


Simak review film Kim Ji Young: Born 1982 dalam bahasa Indonesia berikut ini!

Review Film Kim Ji Young: Born 1982 - Sekali-kali kami akan me-review sebuah film Korea yang saat ini sedang hits, yaitu Kim Ji Young Born 1982.

Review Film Kim Ji Young Born 1982 (2019)

Review Film Kim Ji Young: Born 1982 (2019) Bahasa Indonesia


Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Cho Nam-ju. Dan dibintangi oleh Gong Yoo dan juga Jung Yu-Mi. Film korea keren satu ini sudah tayang di bioskop Indonesia sejak 20 November 2019 lalu.

Yuk langsung saja kita simak ulasan review film Kim Ji Young: Born 1982 berikut ini!



Sinopsis Film Kim Ji Young: Born 1982


Kim Ji-young, Born 1982 menceritakan kisah seorang wanita bernama Kim Ji-young (Jung Yu-mi) yang terpaksa keluar dari pekerjaannya karena hamil dan harus menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya.

Sebagai wanita Korea biasa di usia 30-an, Kim Ji-young seringkali merasa berat menjalani keseharian sebagai seorang ibu rumah tangga.

Meski kini menikah dengan pria yang dicintai, dia harus berusaha keras membesarkan anak perempuan mereka, hal yang membuatnya menanggalkan banyak hal dalam hidup.


Ji-young pun berusaha mengelak dari kenyataan dan meyakini bahwa ia baik-baik saja. Namun, suaminya, Dae-hyeon memperhatikan bahwa kehidupan telah membebani Ji-young lebih dari yang dia sadari.

Bagaimana kelanjutan kisahnya? Dapat kamu saksikan sendiri dalam film Korea terbaru 2019 berjudul Kim Ji Young Born 1982


Review Film Kim Ji Young Born 1982 (2019)


Dari beraneka ragam golongan yang ada di dunia, pasti memiliki adat yang mengikat kaum perempuannya.

Sebagai tata kelakuan yang bersifat kekal & tabu, warisan ini seringkali terasa kaku sehingga tak dapat mengikuti perkembangan zaman.

Film Kim Ji-Young: Born 1982 mencoba untuk menembus batas itu dengan mengungkap kegelisahan perempuan saat menjadi bagian dari kehidupan.

Review Film Kim Ji Young: Born 1982 Indonesia
Review Film Kim Ji Young: Born 1982 Indonesia

Perjalanannya digambarkan dengan teknis sederhana, namun mampu menerjemahkan-menebalkan emosi terpendam dari perempuan modern yang terpenjara di dalam budaya tua tanah mereka.

Apa yang dituangkan ke film Kim Ji-Young (KJY), adalah masalah-masalah yang dihadapi perempuan dalam tingkat sederhana hingga ke tingkat yang serius.

Alih-alih menyentuh isu feminisme secara utuh, sesungguhnya KJY mengarahkan kritik ini pada praktik norma yang dipenuhi diskriminasi.

Di dalam proses berjuangnya saya menemukan kenyataan bahwa kesetaraan adalah sesuatu yang mustahil, namun bukan berarti kita dapat memukul rata potensi kaum perempuan.

Pendewasaan yang melibatkan posisi sebagai anak, istri & ibu tak hanya membuat saya memahami beban perempuan, tetapi juga mengubah cara saya memandang mereka.

Baca juga: Top 7 Drama Korea Park Shin Hye Terbaik


Plot padat dalam tempo yang lambat tak menyiksa selama ± 2 jam lamanya. Kim Do-Young memasukkan satu per satu konfliknya dengan rapi, sehingga tak ada yang terasa berdiri sendiri. Namun banyaknya konflik yang dijejalkan menjadi petaka kala tak dapat menyatu di puncaknya.

Membuat KJY memiliki 2 momen klimaks yang kontras, dan salah satunya gagal meletuskan emosi saya. Ketidak-puasan juga datang dari hubungan Ji-Young & Dae-Hyun yang saling mengasihi dalam keabu-abuan. Yu-Mi terlihat kuat kala tampil tunggal/dengan dunianya, tetapi tidak saat bersama Gong Yoo.

Penyajian dengan cara sederhana yang didominasi kebisuan, membuat gambar-gambar di dalamnya terasa begitu dekat serta menenggelamkan saya dalam depresi & empati.

Review Film Kim Ji Young Born 1982, Film tentang Masalah-masalah Perempuan

Review Film Kim Ji Young Born 1982


Sejatinya relevansi film Kim Ji-Young tak berkonteks pada perempuan saja. Beberapa kepingan serupa juga saya temukan di kehidupan pribadi sebagai seorang laki-laki.

Film Kim Ji-Young adalah suara hati yang begitu menggugah, agar tak ada lagi diam memendam kerisauan. Pastikan kamu menonton film ini!

Baca juga: review film Kim ji young born 1982 sub Indonesia terbaik dan terbaru. Kelebihan dan kekurangan serta resensi ulasan film kim ji young: born 1982 indonesia. Film romantis korea terbaru 2019.

Nah, itu dia sedikit pembahasan review film Kim Ji Young: Born 1982 dalam bahasa Indonesia. Bagaimana pendapatmu mengenai film ini? Apakah setuju dengan pendapat admin di atas? Berikan komentar terbaikmu…


Loading...

Related Posts

1 komentar:

  1. Review Film Kim Ji-young : Born 1982 (2019)

    Ketika Kim Ji-Young sudah berusia 30 an yang dikelilingi oleh berbagai macam khalayak.

    Pertama kali mau nonton ini, gegara rekomendasi teman-teman reviewer perempuan. Banyak dari mereka bilang ini salah satu film K-Pop terbaik di tahun ini selain Parasite. Most of them said that they also teared a drop in this movie. So dari beberapa saran mereka beranilah mimin nonton.

    Dan benar saja, hampir sepanjang film pasti ada saja tetesan air mata yang jatuh. Sangay mengharu biru. Bagaimana jika mimin jadi si kim ya? Pasti ga kuat.

    Saking realistisnya ini bisa sangat related di kehidupan mama muda zaman now.

    Dan Overall mimin pun ga sanggup untuk berkata-kata dan berekspresi, cuma mau bilang, Ini buagus banget, bahkan tingkat kebagusannya setara dengan Parasite.

    Finale Score : 90/100 | A

    BalasHapus