Selasa, 04 Februari 2020

Review Film The Thing (1982), Film Horor Klasik yang Wajib Ditonton


Simak review film The Thing (1982) bahasa Indonesia berikut ini!


SinduLin.web.id - The Thing adalah salah satu film horor dengan sub-genre makhluk asing dan fiksi ilmiah yang kontroversial di zamannya.

Karya dari John Carpenter dkk. ini mendapat ulasan buruk kala rilis di tahun 1982, tetapi kemudian menemukan penonton ketika dirilis dalam bentuk kepingan, hingga akhirnya dinobatkan menjadi salah satu film horor terbaik yang pernah dibuat.

Baca Review The Thing (1982) bahasa Indonesia
Baca Review The Thing (1982) bahasa Indonesia

Bagi kami, The Thing memang layak mendapatkan penghargaan atas efek spesial gila dan penulisannya yang pandai mematahkan asumsi penonton. Bill Lancaster tak hanya menunjukkan betapa mengerikannya makhluk asing, tetapi juga manusia itu sendiri.


Mengisolasi protagonis dan antagonis dalam satu tempat, dan membiarkan mereka saling menebak peran satu sama lain adalah kengerian yang menyenangkan dari The Thing.

Beban psikologis tak hanya dilimpahkan kepada para pelakon, tetapi juga para penonton. Keseraman yang disajikan Carpenter juga lebih ke arah visual, alih-alih teknik pengejut atau tata suara yang berlebihan.


Itulah mengapa film The Thing memiliki efek spesial yang menakjubkan dalam menampilkan transformasi atau bentuk-bentuk mengerikan dari makhluk asing.

Jika dahulu para kritikus berpendapat karya ini memiliki karakterisasi yang lemah, maka saya berpikir sebaliknya.

Banyaknya karakter yang ditampilkan dapat dengan mudah dikenali lewat reaksi mereka atas ketakutan yang dihadapi. Beberapa karakter yang mencolok bahkan selalu berhasil membuat ketegangan semakin intens.

Review Film The Thing (1982), Film Horor Klasik yang Wajib Ditonton
Review Film The Thing (1982)

Jika ditelaah lagi, The Thing memang tidak menjadikan alien sebagai sumber ketakutan utama. Justru sifat-sifat alami manusia dalam menanggapi ketakutan yang membuat filmnya jadi mengerikan. Seperti membuat kebohongan, fitnah hingga pengambilan keputusan yang sembrono.

Carpenter tak hanya membuat penontonnya bermimpi buruk karena menyaksikan gambar-gambar yang mengernyitkan dahi, tetapi juga menularkan kengerian yang merangkak di bawah kulit.

Menjadikan The Thing sebagai film horor yang kompleks meski terlihat sederhana, dan layak menjadi salah satu film yang harus kamu saksikan sebelum mati.


Demikian sedikit ulasan review film The Thing dalam bahasa Indonesia. Apakah kamu sudah menonton film ini? Berikan review dan rating mu di kolom komentar ya!


Loading...

Related Posts

0 komentar: