25 Film Korea Romantis Sedih Terbaik, dari Beauty Inside sampai More Than Blue

Inilah daftar film sedih romantis dari Korea Selatan yang bikin nangis!



SinduLin – Setelah sebelumnya membahas rekomendasi film action romance Korea terbaik dan rekomendasi drama korea terbaru tahun 2020, dalam artikel kali ini kami mencoba menyusun 25 film Korea paling romantis dengan cerita sedih yang bikin baper.

Jika kamu sedang mencari rekomendasi film korea sedih tentang keluarga, film sedih tentang penyakit mematikan, sampai film romantis sedih tentang patah hati dan move on, maka kamu berada di tempat yang tepat. Tidak perlu basa-basi lagi, yuk langsung saja disimak daftar di bawah ini!

Baca juga:



Rekomendasi Film Korea Romantis Terbaik



#1 - The Beauty Inside (2015)


Genre : Fantasy, Romance
Sutradara : Baek Jong Yeol
Penulis : Kim Sun Jung, Park Jung Ye
Durasi : 118 Menit
Jadwal Tayang : 20 Agustus, 2015
Distributor : Next Entertainment World

Sinopsis:

The Beauty Inside adalah film drama fantasy korea yang romantis dan memiliki premis menarik. Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Woo Jin yang bekerja sebagai salah satu Desainer Furniture di salah satu perusahaan di Korea.


Woo Jin memiliki penyakit langka dimana dirinya berganti wajah saat baru bangun tidur. Perubahan ini terjadi setiap hari. Bukan hanya berganti wajah dan bentuk badan, Woo Jin bahkan bisa juga berganti kelamin menjadi seorang wanita. Namun hati dan pikirannya tidak berubah, tetap sama.

Sedangkan Yi Soo merupakan wanita cantik yang bekerja di salah satu perusahaan properti. Suatu hari Woo Jin bertemu dengan Yi Soo dan saat itu juga Woo Jin langsung jatuh cinta dengan Yi Soo. Namun cintanya ini dihalangi oleh penyakit langka Woo Jin. Bagaimana kisah Woo Jin untuk membuktikan cintanya ?

The Beauty Inside bisa menjadi tontonan menarik untuk kamu yang menginginkan kisah romantis yang anti mainstream.


#2 - A Werewolf Boy (2012)


Sutradara: Jo Sung-Hee
Durasi: 125 min.
Genre: Romance / Fantasy / Award Winning
Distributor: CJ Entertainment
Cast: Song Joong-ki – Chul-soo, Park Bo-young – young Sun-yi / Eun-joo, Lee Young-lan – Kim Sun-yi, Yoo Yeon-seok – Ji-tae, Kim Hyang-gi – Sun-ja

Sinopsis:

Film korea terbaik A Werewolf Boy mengisahkan tentang seorang wanita tua yang mengunjungi pondok desa tempat tinggalnya ketika masih kanak-kanak. Lima puluh tahun yang lalu, ia menemukan “anak lelaki serigala” yang bersembunyi di kegelapan.

Perempuan itu mengajarinya menunggu makanannya dengan sabar, bagaimana berpakaian, berbicara, menulis dan kebiasaan manusia lainnya agar ia bisa hidup sebagai pria normal kelak. Anak lelaki itu kemudian jatuh cinta pada satu-satunya orang yang memberikan kasih sayang padanya.

Namun ketika terdesak, insting hewannya keluar dan membuat penduduk desa ketakutan. Demi menyelamatkan anak lelaki yang mempertaruhkan nyawanya untuk berada di samping si perempuan, maka perempuan itu meninggalkannya dengan janji, “Tunggu aku. Aku akan kembali untukmu,”.

A Werewolf Boy adalah film romantis Korea selatan yang sangat bagus dan menarik ditonton. Film drama romance fantasy yang disutradarai oleh Jo Sung-Hee ini telah sukses membuat banyak penontonnya baper sampai menangis karena endingnya yang benar-benar sedih. Pastikan kamu menonton film korea romatis tersedih satu ini.


#3 - A Moment to Remember (2004)


Negara:Korea
Rilis:5 Nov 2004
Bahasa:한국어/조선말
Anggaran:$ 4.200.000,00
Sutradara:John H. Lee, Shin Yeong-woon
Cast: Baek Jong-hak, Hyun Young, Jung Woo-sung, Kim Bu-seon, Lee Sun-jin, Shin Cheol-jin, Son Ye-jin

Sinopsis:

Jika kamu mencari rekomendasi film korea sedih tentang penyakit mematikan, maka film romantis tahun 2004 berjudul A Moment to Remember (2004) wajib kamu tonton.

Kisah dalam film A Moment to Remember berawal dari pertemuan tidak sengaja antara Su Jin dan Chul Soo di sebuah minimarket.

Su Jin yang mempunyai masa lalu kelam karena dia berpacaran dengan suami orang dan laki-laki itu lebih memilih istrinya dibandingkan Su Jin. di sisi lain Chul So adalah seorang pekerjan bangunan, pria berantakan, jujur dan bertanggung jawab.

Baca juga: 11 Rekomendasi Film Korea Bertema Perang Militer

Su Jin dan Chul Soo kemudian menikah dan mereka mulai menjalani hari-hari bahagia pernikahan mereka, sampai ketika kejadian-kejadian aneh yang dilakukan istrinya membuat Chul So curiga.

Tanpa sepengetahun Chul So, Su Jin memeriksakan dirinya ke dokter dan harus mendapati kenyataan bahwa dirinya terkena penyakit yang bernama Alzheimer Disease. Penyakit tersebut akan menyebabkan Su Jin lupa ingatan dan akan kehilangan memori di otaknya sehingga dia tidak mampu mengingat apapun.

Akhirnya Chul So pun tau mengenai penyakit yang diderita istrinya, dan Su Jin mengambil keputusan untuk meninggalkan Chul So.

Dengan membaca sinopsisnya saja, sudah kerasa kan bakal sebaper dan sesedih apa film korea romantis sedih rating tinggi satu ini?



#4 – Mood of the Day (2016)


Sutradara: Jo Kyu-Jang
Genre: Comedy, Romance, Melodrama
Durasi: 103 minutes
Cast: Moon Chae-Won as Bae Soo-Jung, Yoo Yeon-Seok as Kim Jae-Hyun, Jo Jae-Yun as Senior Kang

Sinopsis:

Rekomendasi film romantis korea paling sedih berikutnya adalah Mood of the Day. Cerita film ini dimulai ketika secara kebetulan, seorang pria dan seorang wanita bertemu di sebuah kereta KTX dan menghabiskan 24 jam di kota yang asing di Busan, Korea Selatan.

Dengan premis yang sederhana tersebut, film Mood of the Day tetap bisa menyentuh hati para penontonnya dan membuat banyak orang baper. Jika kamu belum menonton film ini, langsung saja deh download dan nikmati keseruannya.


#5 - Love Forecast (2015)


Sutradara: Park Jin-pyo
Genre: Comedy | Drama | Romance
Durasi: 118 minutes
Cast: Lee Seung-gi sebagai Kang Joon-soo, Moon Chae-won sebagai Kim Hyun-woo, Hong Hwa-ri sebagai young Hyun-woo, Lee Seo-jin sebagai Lee Dong-jin

Sinopsis:

Love Forecast adalah film drama romantis komedi Korea yang bagus dan mendapat rating tinggi. Semua berawal ketika Joon-Soo (Lee Seung-Gi) jatuh cinta ia akan berusaha untuk memberikan segalanya pada gadis yang dicintainya. Meskipun ia melakukan semua itu, dia adalah salah satu orang yang sering disia-siakan.

Sementara itu, Hyun-Woo (Moon Chae Won) berprofesi sebagai Peramal Cuaca. Tidak seperti penampilan cantiknya, dia bertindak berlebihan dan berbicara dengan cara yang sulit. Sebuah kisah cinta bersemi diantara mereka.


#6 - Be with You (2018)


Genre : Drama, Fantasy, Melodrama, Romance
Director : Lee Jang Hoon
Starring : So Ji Sub, Son Ye Jin
Distributor : Lotte Entertainment
Durasi : 132 Menit
Jadwal Tayang : 14 Maret 2018
Pemeran: So Ji Sub ( Woo Jin), Son Ye Jin (Soo Ah), Kim Ji Hwan (Ji Ho)

Sinopsis:

Be With You adalah film korea sedih terbaru yang menceritakan tentang seorang pria bernama Woo Jin yang sangat mencintai istrinya bernama Soo ah.

Namun suatu hari Soo ah meninggal karena sebuah penyakit. Mereka memiliki seorang putra bernama Ji Ho yang baru berusia tujuh tahun.

Semasa hidup, Soo Ah pernah membuat janji terhadap Woo Jin dan Ji Ho dimana mereka harus kembali satu tahun pada saat musim hujan selajutnya. Be with You merupakan film melodrama Korea sedih tentang keluarga yang bisa menguras air mata siapapun yang menontonnya.



#7 - My Sassy Girl (2001)


Genre : Comedy, Romance
Director : Kwak Jae-Young
Producer : Shin Chul, Park Geon-Seob
Durasi : 123 Menit
Jadwal Tayang : 27 Juli, 2001
Pemain: Gyun-Woo (Cha Tae-Hyun), The Girl (Gianna Jun)

Rekomendasi film Korea romantis komedi terbaik selanjutnya adalah My Sassy Girl. Film terbaik Korea ini menceritakan Gyun Woo yang merupakan seorang pria yang suatu hari bertemu dengan seseorang wanita. Wanita tersebut bernama Cha Tae Hyun yang merupakan wanita cantik namun memiliki sifat yang aneh.

Pertemuan mereka terjadi didalam sebuah kereta dimana saat itu Cha Tae Hyun sedang mabuk berat karena habis diputusin oleh pacarnya. Dan Gyun Woo yang berada di dekatnya harus terpaksa merawat Cha Tae Hyun.

My Sassy Girl adalah salah satu film populer Korea dengan rating tinggi yang telah banyak diadaptasi oleh banyak sineas dunia. Tentu saja kamu wajib menontonnya!


#8 - Maundy Thursday (2006)


Sutradara: Song Hae-sung
Skenario: Gong Ji-young
Box office: 14.79 million USD
Nominasi: Blue Dragon Film Award for Best Leading Actress, Blue Dragon Film Award for Best Music
Rilis: 13 Sep 2006

Maundy Thursday atau disebut juga dengan judul Our Happy Time merupakan salah satu film Korea paling romantis dan mengharukan untuk ditonton.

Film Drakor ini berkisah tentang seorang pembunuh yang dihukum bersalah dan menunggu eksekusi. Ikatan yang ia bentuk dengan seorang wanita muda yang bunuh diri yang mulai mengunjunginya di penjara setiap hari Kamis.

Yu-Jung (Lee Na-Young) sekarang telah mencoba usaha bunuh dirinya yang ketiga. Kehinaan untuk ibunya dan ketidakpedulian ke seluruh dunia, mengisolasi dia dari setiap kesempatan untuk kebahagiaan.

Baca juga: 10 Film Korea Sedih Ini Sukses Bikin Nangis


Yu-Jung juga memiliki seorang bibi bernama Suster Monica. Bibinya sering pergi ke penjara untuk bertemu dengan terpidana mati. Suster Monica bertemu dengan narapidana hukuman mati yang baru, yang meminta Sister Monica jika dia bisa bertemu dengan keponakannya Yu-Jung.

Sister Monica bertanya pada Yu-Jung apakah dia akan menasihati narapidana hukuman mati ini dan Yu-Jung dengan enggan setuju untuk melakukannya.

Meski merupakan film korea lama, tapi Maundy Thursday memiliki sinematografi yang cukup bagus dan mengesankan.


#9 - Christmas in August (1998)


Sutradara: Hur Jin-ho
Hangul: 8월의 크리스마스
Awards: Blue Dragon Film Award for Best Leading Actress, MORE
Screenplay: Hur Jin-ho, Oh Seung-ook, Shin Dong-hwan
Rilis: 23 Jan 1998

Film korea paling sedih yang bikin penonton baper selanjutnya adalah Christmas in August (1998). Film drama korea ini mengisahkan tentang Jung-won yang menjalankan sebuah studio foto kecil.

Sebuah gubuk sederhana diturunkan dari ayah duda, studio adalah ruang di mana Jung-won membahas rutinitas sehari-harinya berurusan dengan pelanggan rewel, memperbesar foto-foto detektif kelas untuk anak-anak di lingkungan dan memotret gambar untuk ditempatkan di altar pemakaman.

Untuk Jung-won, kehidupan tampaknya menjadi serangkaian peristiwa damai, tetapi dalam kenyataannya waktunya di bumi terlalu terbatas untuk kenyamanan. Hampir di usia pertengahan 30-an, tapi mungkin terlalu sadar akan arti kematian, Jung-won menerima nasibnya meskipun gerakan halus perhatian yang didapatnya dari ayah tuanya dan adik perempuannya.

Hidup berjalan seperti biasa sampai suatu hari ia bertemu Darim, seorang karyawan di Divisi Kontrol Lalu Lintas dari kantor distrik setempat. Dia adalah pelanggan tetap di studio yang datang setiap hari untuk mengembangkan snapshot pelanggaran parkir …



#10 - Always (2011)


Rilis: October 20, 2011 (South Korea)
Sutradara: Song Il-gon
Box office: 6.2 million USD
Skenario: Yoo Young Ah, Jang Hyun-sung
Komposer Musik: Bang Jun-Seok, Choe Cheol-su

Rekomendasi film sedih Korea yang paling romantis dan baper selanjutnya adalah Always (2011). Film ini berkisah tentang Cheol-Min, seorang pria dengan kegelapan, mengambil pekerjaan malam paruh waktu sebagai petugas parkir.

Dia duduk di bilik kecil di tempat parkir dan menatap televisi kecil. Seorang wanita bernama Jung-Hwa berjalan ke stan.

Baca juga: 11 Film Korea Paling Romantis Sepanjang Masa


Cheol-Min menyadari wanita itu buta dan dia membingungkannya untuk petugas parkir yang bekerja di sana sebelumnya. Namun demikian, wanita itu kembali pada malam lain untuk menonton serial drama televisi yang sama. Cheol-Min mulai melekat pada Jung-Hwa dan mereka tahu mereka terhubung dengan kejadian yang sama di masa lalu.


#11 - Architecture 101 (2012)


Tanggal Tayang: March 22, 2012 (South Korea)
Sutradara: Lee Yong-ju
Featured song: Etude of Memory (Kim Dong Ryool)
Komposer Musik : Lee Ji-soo
Penghargaan: Blue Dragon Film Award for Best New Actor, PaekSang Arts Award for Best New Actress in Film

Ketika Seung Min pada tahun pertamanya di Akademi Arsitektur, dia bertemu Seo Yeon. Dia adalah seorang siswa musisi, dan Seung Min benar-benar jatuh cinta padanya. Tahun-tahun telah berlalu, dan sekarang dia bertemu Seo Yeon lagi - dia memintanya untuk membangun kembali rumah tua ayahnya.

Architecture 101 (2012) adalah film korea romantis terbaik yang mengisahkan tentang kisah-kasih di sekolah yang penuh drama dan tragedy. Dijamin bakal baper ketika kamu menonton film korea terbaik ini.


#12 -  A Millionaire’s First Love (2006)


Tanggal rilis: February 9, 2006 (South Korea)
Sutradara: Kim Tae-kyun
Penata musik: Tae-seong Kim
Screenplay: Kim Eun-sook, Kim Tae-kyun
Awards: Baeksang Arts Award for Most Popular Actor in Film

Tidak kalah bagus dan sedih dari film di atas, ada film korea romantis sedih terbaik berjudul “A Millionaire’s First  Love” yang berfokus pada perjuangan Kang Jae-Kyung dengan klausul dalam wasiat kakeknya yang mengatakan dia hanya akan mendapatkan warisannya jika dia lulus dari sekolah menengah di negara tersebut.

Pindah ke gunung, dia menemukan cinta dengan seorang gadis desa yang naif. Bisakah cinta mengubah orang urban yang manja dan membangunkan sisi lembutnya? Jika kamu mencari film korea tentang si kaya dan si miskin, maka film A Millionaire’s First Love jelas wajib untuk ditonton.



#13 -  The Classic (2003)


Tanggal Tayang: January 30, 2003 (South Korea)
Sutradra: Kwak Jae-yong
Penghargaan: Grand Bell Award for Best New Actress, PaekSang Arts Award for Best New Actress in Film

Teman Shy Ji-hae sedang mengalami masalah mengekspresikan perasaannya kepada anak laki-laki yang dicintainya, jadi dia meminta Ji-hae untuk menulis e-mail kepadanya atas namanya.

Ketika bocah itu jatuh cinta pada surat-suratnya, Ji-hae menemukan kisah tentang romansa ibunya yang sangat mirip dengan keadaannya sendiri.


#14 - Pained (2011)


Tanggal Tayang: September 7, 2011 (South Korea)
Sutradara: Kwak Kyung-taek
Screenplay: Su-ryeon Han
Box office: 4.4 million USD
Cerita: Kang Full

Pained (2011) adalah film korea sedih romantis yang cukup populer dan telah banyak membuat penontonnya baper sampai menangis.

Setelah kehilangan keluarganya ketika dia muda, Nam-soon tidak merasakan sakit. Dia tidak bisa merasakan sakit fisik dan secara emosional mandul sampai dia bertemu Dong-hyeon, yang menyebut dirinya vampir karena dia menderita hemofilia.

Tidak seperti Dong-hyeon, ketika Nam-soon terluka, dia berdarah bahkan dari luka terkecil sekalipun. Ketika keduanya semakin dekat, Dong-hyeon tiba-tiba mulai kehilangan ketidakpekaan seumur hidupnya terhadap rasa sakit dan rasa sakit seumur hidup menyapu dirinya.


#15- More Than Blue (2009)


Rilis:11 Mar 2009
Sutradara:Won Tae-yeon
Pemain:Eun-ran Jo, Ha-jin Lee, Im Chul-hyung, Jong-hak Choi.

More Than Blue adalah film korea romantis sedih terbaik yang bercerita tentang seorang produser radio bernama Kay (Sang-Woo Kwon) yang tak lagi dianggap oleh keluarganya.

Disisi lain ada seorang penulis lirik bernama Cream (Bo-young Lee) yang terpaksa menerima kehilangan keluarganya karena sebuah kecelakaan mobil.

Kay dan Cream adalah teman lama sejak SMA dan sudah lama saling jatuh hati. Kedua orang ini pun melanjutkan kehidupan mereka dengan harapan memiliki akan keluarga, teman-teman, dan pujaan hati.

Disisi lain, ternyata Kay hanya memiliki sisa waktu hidup 200 hari untuk kemudian memutuskan untuk mencari seseorang yang bisa menemani Cream selama hidupnya.

More Than Blue adalah salah satu film korea paling sedih yang bisa bikin nangis. Siap-siap baper deh jika kamu berani menonton film melodrama romantis satu ini.


Lebih banyak rekomendasi film korea romantis sedih terbaik lainnya, dapat kamu baca di bagian 2.

Bagian 2 > Film Korea Komedi Romantis Bag.2


1 Response to "25 Film Korea Romantis Sedih Terbaik, dari Beauty Inside sampai More Than Blue"

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus