Minggu, 09 Februari 2020

11 Film Action Korea Terbaik Sepanjang Masa, dari A Hard Day sampai Oldboy!


Menonton film action Hollywood memang menegangkan dan seru, namun tahukah kamu kalau Korea Selatan juga memiliki sederetan film aksi terbaik yang wajib ditonton? Ya, bukan hanya drama romantis, Korea ternyata juga piawai dalam meramu film action thriller dan bahkan psikologi yang sangat keren.

Penasaran? Berikut merupakan daftar rekomendasi film korea terbaik genre action yang kami wajibkan untuk kamu tonton. Cekidot!

Jangan lupa juga membaca 16 Film Korea Paling Romantis Terbaik.


Rekomendasi Film Action Korea Terbaik


11. The Berlin File


11 Film Action Korea Terbaik Sepanjang Masa, dari A Hard Day sampai Oldboy!

Judul Korea: 베를린 (Bereullin)
Tahun Dirilis: 2013
Dibintangi: Ha Jung-woo, Han Suk-kyu, Ryoo Seung-bum, Jun Ji-hyun

Jika Anda menyukai film thriller spionase penuh aksi seperti seri Jason Bourne, Anda mungkin akan menyukai The Berlin File. Diambil sepenuhnya di Eropa, film Korea aksi ini dibintangi Ha Jung-woo dan Jun Ji-hyun (dari My Sassy Girl) sebagai pasangan mata-mata Korea Utara yang ditempatkan di Berlin.

Ketika sebuah kesepakatan senjata dengan teroris Timur Tengah menjadi salah, pasangan itu menjadi nakal untuk menghindari hukuman oleh pemerintah Korea Utara.

Segera, mata-mata Korea Selatan dan Utara mulai mengejar mereka, sementara agen-agen lain seperti Mossad dan CIA juga terlibat. File Berlin berisi baku tembak, perkelahian, pengejaran atap, ledakan besar, dan hampir semua yang Anda harapkan dari film mata-mata terkemuka.



10. The Chaser


Rekomendasi Film Action Korea Terbaik

Judul Korea: 추격 자 (Chugyeokja)
Tahun Dirilis: 2008
Dibintangi: Kim Yoon-seok, Ha Jung-woo, Seo Young-hee

Dipenuhi dengan aksi mendebarkan dan karakter yang menarik, The Chaser menawarkan kegelapan dan kekerasan dengan kecepatan yang tiada henti.

Karakter utama film ini adalah Eom Jong-hoo (diperankan oleh Kim Yoon-seok), seorang mantan detektif polisi yang kini menjadi mucikari.

Ketika salah satu gadisnya hilang, dia pergi mencarinya - dan bertemu seorang pembunuh berantai yang mengerikan (diperankan oleh Ha Jung-woo, juga di The Berlin File) dalam proses tersebut.

Seiring waktu berlalu, Eom harus menghentikan pembunuh berantai sebelum terlambat.

Ya, film Chaser memiliki banyak darah dan darah kental - tetapi tidak hambar atau berlebihan. Film ini terus membuat Anda berada di tepi kursi Anda; itu membangun, melepaskan, dan kemudian membangun kembali ketegangan dengan sangat hati-hati.


Eom Jong-hoo juga memiliki selera humor garing, yang bertindak sebagai pelepas ketegangan dan memungkinkan Anda membangun empati dengan kepribadiannya yang kompleks.

The Caser tidak diragukan lahi merupakan salah satu film korea action terbaik yang wajib kamu tonton!


9. A Hard Day


Rekomendasi Film Action Korea Terbaik 2020

Judul Korea: 끝까지 간다 (Kkeutkkaji Ganda)
Tahun Dirilis: 2015
Dibintangi: Lee Sun-kyun, Cho Jin-woong

A Hard Day menampilkan seorang detektif korup bernama Ko Gun-su sebagai protagonisnya. Ketika Ko secara tidak sengaja membunuh seorang pria tunawisma dalam tabrak lari, dia menutupinya. Namun, ternyata pria tunawisma itu adalah pembunuh yang dihukum, dan Ko ditugaskan untuk menemukannya.

Didukung oleh sudut, Detective Ko mulai menyadari bahwa dia terlibat dalam konspirasi yang lebih besar dari dirinya sendiri.

Dia menghadapi transaksi narkoba, ledakan, pemerasan, dan simpanan uang tersembunyi - cukup untuk membuat Anda sebagai pengamat selalu terhibur.


8. Shiri


daftar Film Action Korea Terbaik dan terbaru

Judul Korea: 쉬리 (Swiri)
Tahun Dirilis: 1999
Dibintangi: Han Suk-kyu, Choi Min-sik, Yunjin Kim, Song Kang-ho, Hwang Jung-min

Jangan biarkan tanggal rilisnya tahun 1999 menghalangi Anda. Shiri tetap menjadi salah satu film aksi Korea terbaik sepanjang masa, dan menandai momen penting dalam sejarah sinema Korea Selatan. Jika Anda menyukai film Korea, Anda harus menontonnya.

Di film Shiri, mata-mata Korea Selatan panas di ekor seorang pembunuh wanita Korea Utara. Plot bertambah tebal ketika Korea Selatan menemukan mata-mata Korea Utara yang berafiliasi dengan pembunuh telah menanam bahan peledak berbahaya di sekitar Seoul.

Saat ibu kota Korea Selatan menunggu dengan ketakutan, mata-mata mengejar dan saling bertarung dalam serangkaian pertemuan yang menggigit kuku.

Shiri adalah film blockbuster aksi gaya Hollywood pertama yang pernah dibuat di Korea Selatan. Film action Korea terbaik ini sangat menarik dari gaya film mata-mata Barat (seperti seri James Bond) dan film aksi Hong Kong, menggabungkannya ke dalam suasana yang akrab namun masih unik Korea.


Dengan kualitas produksi yang tinggi dan plot yang meyakinkan, Shiri menunjukkan kepada dunia bahwa Korea dapat membuat film yang menarik bagi para kritikus dan khalayak ramai.

Jika Anda berpikir tentang seberapa sukses sinema Korea hari ini - semuanya dimulai dengan kesuksesan Shiri. Banyak aktor dan pembuat film paling terkenal di Korea Selatan membintangi atau mendapatkan inspirasi dari Shiri, termasuk Choi Min-sik (Oldboy), Song Kang-ho (A Taxi Driver), dan Hwang Jung-min (Od to My Father).


7. Steel Rain


daftar film korea action paling keren

Judul Korea: 강철 비 (Gangcheolbi)
Tahun Dirilis: 2017
Dibintangi: Jung Woo-sung, Kwak Do-won

Inilah film thriller spionase terkait Korea Utara lainnya. Di Steel Rain, mata-mata Korea Utara bernama Eom Chul-woo (diperankan oleh Jung Woo-sung) berakhir di Korea Selatan setelah negaranya mengalami kudeta.

Eom harus bekerja sama dengan Kwak Chul-woo, seorang birokrat Korea Selatan, untuk menghentikan konspirasi yang mengancam akan memicu perang nuklir di semenanjung Korea.

Film Steel Rain memiliki waktu rilis yang hebat - itu keluar tepat ketika ketegangan Korea Utara-AS mencapai titik didih pada Desember 2017.

Film korea action terbaik ini mencerminkan ketegangan ini dengan cukup baik, termasuk karakter dari CIA dan Departemen Luar Negeri serta menampilkan banyak orang Amerika persenjataan. Namun pada akhirnya, film ini tetap menjadi tema utama Korea, dan menawarkan salah satu dramatisasi konflik Utara-Selatan yang paling mutakhir dan menghibur.


6. Veteran


film aksi korea terbaik

Judul Korea: 베테랑 (Beterang)
Tahun Dirilis: 2015
Dibintangi: Hwang Jung-min, Yoo Ah-in

Sebagai film Korea terlaris tahun 2015, Veteran jelas merupakan penikmat kerumunan. Film ini dibintangi Hwang Jung-min sebagai detektif tidak konvensional bernama Seo Do-cheol yang mulai menyelidiki pewaris chaebol (konglomerat) sombong bernama Jo Tae-oh (diperankan oleh Yoo Ah-in).

Jo, bocah laki-laki klasik Anda yang dipicu oleh uang ayah. Dia mengendarai mobil cepat, dan tampaknya pergi dengan semua kejahatannya meskipun upaya terbaik Detektif Seo orang biasa itu. Intinya, dia adalah perwujudan dari para elit yang marah besar yang dibenci oleh banyak warga Korea Selatan.

Veteran menawarkan kisah relatable tentang orang biasa vs orang kaya, dan menawarkan banyak perkelahian, pengejaran, dan olok-olok cerdas dalam prosesnya.

Film action terbaru dan terbaik korea selatan ini jauh lebih ringan daripada banyak yang lain dalam daftar ini; secara resmi komedi aksi. Karena itu, jika Anda ingin tertawa bersama dengan perkelahian Anda, Veteran patut ditonton.


5. The Good, The Bad. The Weird


film action korea paling keren dan bagus

Judul Korea: 좋은 놈, 나쁜 놈, 이상한 놈 (Jo-eun nom nappeun nom isanghan nom)
Tahun Dirilis: 2008
Dibintangi: Song Kang-ho, Lee Byung-hun, Jung Woo-sung

Seperti orang Barat? Ya, Korea memiliki Barat yang luar biasa: The Good, The Bad. The Weird. Jika judul film terdengar familier, itu karena itu terinspirasi oleh Spaghetti Western The Good, Bad, and Ugly yang terkenal oleh Sergio Leone 1966.

Alih-alih Amerika Barat pada akhir 1800-an, film ini mengambil tempat di Manchuria yang diduduki Jepang tepat sebelum Perang Dunia II (Korea juga di bawah pendudukan Jepang saat itu).

Jika Anda seorang sejarawan Asia Timur modern, ini sangat menarik; film ini menawarkan refleksi besar tentang bagaimana imperialisme Jepang meniru banyak aspek imperialisme Barat. Di satu sisi, Manchuria adalah "Wild West" Kekaisaran Jepang, "surga pemukim" yang diakui yang akhirnya menarik penjahat dan kekerasan juga.

Bagi mereka yang bukan sejarawan, pikirkan saja The Good, the Bad, the Weird sebagai film yang memiliki banyak penjahat dan kekerasan.

Tiga aktor Korea Selatan yang paling terkenal memainkan karakter utamanya: Jung woo-sung (pemburu bayaran yang "The Good"), Lee Byung-hun (pembunuh bayaran yang "The Bad"), dan Song Kang-ho (pencuri siapa yang "The Weird").


Dalam film korea terbaik genre action ini, mereka bersaing satu sama lain dan Tentara Kekaisaran Jepang untuk mengungkap rahasia peta harta karun.

"Bersaing" adalah pernyataan yang meremehkan: film ini memiliki baku tembak, perampokan kereta api, pengejaran kuda, pengejaran motor, dan banyak lagi.

Ketangkasannya luar biasa; keunikan karakter yang digabungkan dengan soundtrack rollicking untuk membuat seluruh film 2 jam 19 menit menjadi salah satu pengalaman sinematik paling menghibur yang pernah Anda miliki. Rekomendasi film action korea terbaik yang wajib ditonton dan rating tinggi berikutnya adalah...


4. Train to Busan


film korea terbaik genre action zombie

Judul Korea: 부산행 (Busanhaeng)
Tahun Dirilis: 2016
Dibintangi: Gong Yoo, Jung Yu-mi, Ma Dong-seok

Jika Anda lebih suka tindakan Anda dalam bentuk mayat hidup, tidak perlu mencari yang lain selain film Train to Busan, salah satu film zombie korea terbaik sepanjang masa.

Train to Busan dirilis untuk kesuksesan box office yang luar biasa pada tahun 2016, ini adalah film zombie beranggaran besar pertama Korea Selatan.

Dalam film itu, seorang manajer bernama Seok-woo berjanji untuk membawa putrinya Su-an dari Seoul ke Busan. Namun, saat berada di kereta berkecepatan tinggi ke Busan, kiamat zombie pecah di seluruh Korea Selatan.

Bertempur dengan wabah zombie dan naluri gelap sesama penumpang (terutama eksekutif korporat brengsek), Seok-woo bersumpah untuk menyelamatkan Su-an. Train to Busan bukan hanya film zombie; itu juga menawarkan kisah ikatan ayah-anak, belum lagi komentar sosial tentang elit yang tidak peduli dan ketidakmampuan pemerintah di Korea. Ini adalah film dengan aksi yang melimpah, sensasi mengasyikkan, dan kedalaman emosi yang luar biasa.


3. The Man From Nowhere


rekomendasi film korea wajib ditonton action

Judul Korea: 아저씨 (Ajeossi) | Tahun Dirilis: 2010 | Dibintangi: Won Bin, Kim Sae-ron

Rekomendasi film korea action terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah The Man From Nowhere.

The Man From Nowhere seperti Liam Neeson's Diambil, tetapi lebih baik. Film ini dibintangi Won Bin sebagai mantan prajurit pasukan khusus bernama Cha Tae-sik.

Cha menjalani kehidupan yang tenang sebagai pemilik toko gadai; teman satu-satunya adalah seorang gadis muda bernama So-mi yang tinggal di sebelah. Suatu hari, sekelompok gangster ganas menculik So-mi setelah ibunya yang kecanduan heroin mencuri narkoba.

Bereft karena tidak adanya teman satu-satunya, Cha mengambilnya untuk menyelamatkan So-mi. Dalam prosesnya, ia menemukan dunia bawah gelap para pengedar narkoba yang eksploitatif dan harus memanfaatkan berbagai keterampilan pasukan khususnya.

Terlepas dari kemampuannya untuk melakukan kekerasan besar, Cha adalah seorang pria dengan hati. Ini memberi The Man From Nowhere tingkat empati dan nuansa yang tidak dimiliki sebagian besar film laga.


Jangan salah paham: film action korea terbaik sepanjang masa ini masih memiliki banyak adegan pertarungan dengan koreografi yang baik. Namun, memiliki karakter yang begitu kompleks dan altruistik membuat semua pertempuran itu jauh lebih bermakna.


2. Oldboy


film action korea terbaik sepanjang masa

Judul Korea: 올드 보이 (Oldeuboi)
Tahun Dirilis: 2003
Dibintangi: Choi Min-sik, Yoo Ji-tae, Kang Hye-jung

Jika Anda belum pernah melihat Oldboy, Anda rugi- ini adalah salah satu film Korea terbaik (dan paling terkenal) sepanjang masa. Ini membantu menempatkan sinema Korea di peta, dan semakin memantapkan karier sutradara Park Chan-wook dan aktor utama Choi Min-sik.

Film action terbaik korea ini mendapat pujian dari Quentin Tarantino pada rilisnya, dan Hollywood membuat remake pada tahun 2013 yang dibintangi Josh Brolin (aslinya masih lebih baik).

Selama 15 tahun, pengusaha Oh Dae-su dipenjara di kamar hotel, tanpa tahu alasannya. Pada awal Oldboy, Oh dilepaskan - dan mencoba mengungkap misteri di balik penahanannya. Dia segera menemukan sebuah jaringan konspirasi gelap yang mencakup gangster yang kejam dan sosok dari masa lalunya.

Semuanya baik-baik saja dan keren, karena Oh melakukan banyak shadowboxing saat dipenjara - jadi dia dalam kondisi prima.

Oldboy bukan untuk yang lemah hati: ada beberapa adegan pertempuran yang benar-benar berdarah (mis. Pertarungan kapak yang luar biasa ini), belum lagi elemen plot yang sangat tidak aman untuk bekerja.

Namun demikian, Oldboy memiliki sinematografi yang menakjubkan, struktur narasi yang luar biasa, dan pengembangan karakter yang menarik - menempatkannya di eselon teratas hit neo-noir seperti Kill Bill dan Pulp Fiction (sekarang Anda tahu mengapa Tarantino menyukainya).

Jika Anda sudah melihat film Oldboy, jangan lupa itu bagian dari "Vengeance Trilogi". Sutradara Park Chan-wook membuat dua film lain menyentuh tentang tema balas dendam yang serupa: Sympathy for Lady Vengeance, dan Sympathy for Mr. Vengeance. Meskipun keduanya tidak setenar Oldboy, kedua film tersebut masih sangat baik.


1. A Bittersweet Life


film korea genre aksi terbaik

Judul Korea: 달콤한 인생 (Dalkomhan insaeng)
Tahun Dirilis: 2005
Dibintangi: Lee Byung-hun Kim Yeong-cheol Shin Min-ah Hwang Jung-min

Mengakhiri daftar film korea terbaik genre action kami adalah A Bittersweet Life, film aksi Korea yang tidak hanya menghibur Anda – namun juga akan menyentuh jiwa Anda.

Aktor terkenal Lee Byung-hun meluncurkan karirnya dengan membintangi sebagai protagonis film ini, seorang penegak mafia bernama Kim Sun-woo. Kim menjalani kehidupan yang tenang, tanpa ragu melakukan perintah bosnya, Tuan Kang. Suatu hari, Kang mencurigai selirnya berselingkuh, dan mengirim Kim untuk membuntutinya.

Pada awalnya, Kim mendekati penugasan dengan suasana tidak biasa seperti biasanya - tetapi segera terpesona oleh kecantikan dan kedalaman emosi wanita itu. Menyadari betapa kesepian dan kosongnya kehidupannya dibandingkan dengan kehidupannya, Kim mulai menilai kembali sifat keberadaannya.

A Bittersweet Life adalah film terbaik Korea yang memiliki kepalan tangan, otak, dan hati. Perkelahiannya sangat fenomenal, dibantu oleh sinematografi yang sangat indah, koreografi, dan desain set.

Setiap tembakan adalah lukisan, dan setiap pertarungan terasa seperti tarian. Tidak banyak dialog, tetapi kata apa pun yang Anda dengar memiliki makna; A Bittersweet Life menyebarkan sulih suara untuk merefleksikan renungan filosofis Kim Sun-woo yang diam.

Pada intinya, film ini mengeksplorasi dualitas antara keindahan dan kebrutalan, dan bertanya-tanya bagaimana keduanya berhubungan dan hidup berdampingan satu sama lain.

Secara keseluruhan: ini adalah film yang akan memberi Anda hiburan penuh aksi, dan kemudian membuat Anda berpikir tentang makna hidup setelah Anda selesai menonton. Ini adalah salah satu film langka yang dapat Anda tonton berulang kali, mendapatkan sesuatu yang lebih dari itu setiap waktu.


Demikian daftar rekomendasi film action korea terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton. Dari sekian banyak film di atas, mana aja nih yang menjadi favoritmu?


Loading...

Related Posts

0 komentar: