Jumat, 24 Januari 2020

Bikin Nangis! 16 Film Korea Romantis Terbaik Sepanjang Masa


Korea Selatan tidak hanya terkenal akan drama korea-nya yang romantis dan bisa bikin baper, mereka juga banyak memiliki film romantis yang sukses dan populer di seluruh dunia.

Nah, dari sekian film Korea terbaik tersebut, apa aja nih judul film korea paling romantis yang dijamin baper dan bisa bikin nangis? Dalam artikel kali ini, kami telah memilih 16 judul filmnya. Penasaran? Yuk langsung saja kita simak daftar lengkapnya di bawah ini!

Jangan lupa juga membaca 10 film sedih korea dijamin bikin nangis.


Rekomendasi Film Korea Romantis Terbaik


16. Always


Rekomendasi Film Korea Romantis Terbaik
Film korea sedih terbaik

Judul Korea: 오직 그대 만 (Ohjik geudaeman)
Dirilis: 2011
Dibintangi: So Ji-sub, Han Hyo-joo

Rekomendasi film romantis Korea Selatan yang pertama adalah Always (2011). Terinspirasi oleh film Charlie Chaplin 1931 City Lights, Always (atau dikenal juga dengan judul Only You) menampilkan kisah cinta antara mantan petinju bernama Jang Cheol-min (diperankan oleh So Ji-sub) dan seorang telemarketer buta bernama Ha Jung-hwa (diperankan oleh Han Hyo-joo).

Film romantis ini memiliki garis besar melodrama khas - karakter pria dengan masa lalu yang gelap, karakter wanita dengan kondisi kesehatan yang buruk - tetapi tidak pernah menjadi terlalu berlebihan.

Sebaliknya, film Always menawarkan pandangan rendah namun sepenuh hati dan pedih pada pengorbanan yang dilakukan orang untuk menjaga cinta tetap hidup.

Kedua pemeran utama memerankan karakternya dengan baik, sehingga bisa mengugah rasa empati para penonton. Alunan music yang merdu membuat penonton semakin baper dan bahkan menangis ketika menonton film korea terbaik ini.



15. My Sassy Girl


Bikin Nangis! 16 Film Korea Romantis Terbaik Sepanjang Masa
Film komedi romantis korea terbaik

Judul Korea: 엽기적인 그녀 (Yeopgijeogin Geunyeo)
Dirilis: 2001
Dibintangi: Jun Ji-hyun, Cha Tae-hyun

Jika Anda seorang milenial di Asia, Anda mungkin pernah mendengar tentang My Sassy Girl.  Film komedi romantis tahun 2001 ini sukses besar di seluruh Asia Timur, membuat perbandingan dengan Titanic dan membantu meluncurkan demam film Korea di Indonesia. Tak perlu dikatakan, My Sassy Girl telah menyentuh kehidupan banyak anak muda di seluruh Asia dan sekitarnya.

Film korea romantis terbaik ini dibintangi Cha Tae-hyun sebagai mahasiswa teknik yang kikuk. Suatu hari ia bertemu seorang gadis bar bar yang diperankan oleh Jun Ji-hyun.

Pasangan aneh ini memulai kisah romansa eksentrik. Melalui banyak pemotretan soju, beberapa pemutaran ulang film klasik, dan penampilan Canon in D, protagonis My Sassy Girl memberikan kisah cinta yang sangat unik dan menghibur yang akan membuat Anda berdua tertawa dan menangis sepanjang dua jam penuh film.

Karakter "sassy girl" tanpa nama Jun Ji-hyun adalah kepribadian yang menonjol dari film ini. Belum pernah sebelumnya sinema Korea - atau sinema Asia pada umumnya - melihat pemeran utama wanita dengan kepribadian dan kemesraan seperti itu.

Baca juga: 11 Film Korea Terbaik Tahun 2019


Penonton menyukai konsep "sassy girl", dan ternyata studio film lain juga menyukainya. My Sassy Girl kemudian menginspirasi para filmmaker dunia dan me-remake film tersebut.

Film Sassy Girl sampai saat ini sudah di-remake oleh Amerika, Nepal, dan India, serta spin-off drama Jepang dan Korea. Film ini juga memiliki sekuel yang disebut My New Sassy Girl, yang keluar pada 2016 dan dibintangi Victoria dari grup K-pop f (x).

My Sassy Girl tidak diragukan lagi adalah salah satu film korea komedi romantis terbaik yang wajib banget untuk ditonton.


14. Windstruck


film romantis korea terbaru bikin mewek nangis
Film korea yang bisa bikin nangis

Judul Korea: 내 여자 친구 를 소개 합니다 (Nae yeojachingureul sogae habnid)
Dirilis: 2004
Dibintangi: Jun Ji-hyun, Jang Hyuk

Kamu menyukai film My Sassy Girl, dan ingin melihat lebih banyak film seperti itu? Untungnya, ada film Windstruck, yang juga dibintangi oleh Jun Ji-hyun dan memiliki sutradara yang sama (Kwak Jae-yong).

Di luar pemeran dan kru, ada banyak kesamaan antara kedua film. Di Windstruck, Jun Ji-hyun juga memainkan karakter wanita yang kuat: seorang perwira polisi yang ambisius bernama Yeo Kyung-jin. Ketika mencoba menangkap seorang pencuri, dia secara tidak sengaja menangkap seorang guru fisika bernama Go Myung-woo (diperankan oleh Jang Hyuk).

Go dan Yeo akhirnya jatuh cinta satu sama lain, meskipun film ini kemudian beralih ke fantasi melodramatik saat tragedi menimpa salah satu dari mereka.

Saya tidak akan memberikan terlalu banyak, tetapi jika Anda mencari keseimbangan antara komedi My Sassy Girl dan melodrama klasik, Windstruck mungkin merupakan pilihan yang baik. Juga: Windstruck memiliki banyak referensi halus untuk My Sassy Girl yang dapat Anda cari. Film korea sedih romantis ini juga bakal bikin setiap penontonnya meneteskan air mata.


13. My Girlfriend is an Agent


film korea terbaik genre komedi romantis
film romantis korea terbaru dan terbaik

Judul Korea: 7 급 공무원 (7keup kongmuwon)
Dirilis: 2009
Dibintangi: Im Yeong-ho, Chun Sung-il, Shin Hye-yeon, Park Kyung-duk

Menawarkan perpaduan antara romansa, komedi, dan aksi, My Girlfriend is an Agent yang terasa seperti versi Korea dari Mr. & Mrs. Smith di Hollywood.

Aktris Kim Ha-neul dan aktor Kang Ji-hwan masing-masing memerankan agen rahasia Ahn Soo-ji dan Lee Jae-joon. Agen Ahn dan Lee menjalin hubungan cinta-benci, tetapi tidak tahu tentang identitas rahasia masing-masing.

Baca juga: 11 Drama Korea Terbaik Tahun 2019 Rating Tinggi


Tanpa sepengetahuan satu sama lain, keduanya ditugaskan untuk menghentikan mafia Rusia dari menggunakan senjata biologis di Korea. Di tengah percintaan yang bergejolak, keduanya harus menyelamatkan hari di belakang satu sama lain.

My Girlfriend is an Agent merupakan salah satu film Korea tersukses dan mendapat tanggapan serta penghasilan yang sangat bagus di box office Korea. Film korea romantis terbaik ini bahkan menginspirasi pembuatan ulang dalam drama korea yang berjudul 7th Grade Civil Servant.


12. Architecture 101


film korea terbaik sepanjang masa
film korea paling romantis

Judul Korea: 건축학 개론 (Geonchukhakgaeron)
Dirilis: 2012
Dibintangi: Uhm Tae-woong, Han Ga-in, Lee Je-hoon, Bae Suzy

Tidak kalah romantis, ada film Architecture 101 yang juga bisa kamu tonton jika kamu mencari film korea terbaik yang bisa bikin nangis.

Untuk kisah nostalgia dan kehilangan cinta, tidak terlihat lagi selain Architecture 101 - romansa Korea yang menggerakkan Suzy dari grup K-pop hit Miss A.

Film dimulai pada hari ini, ketika seorang wanita bernama Yang Seo-yeon mendekati teman sekelas lama kuliah bernama Lee Seung-min untuk membantu mendesain rumahnya.

Keduanya pertama kali bertemu di kelas arsitektur, di mana Lee mulai jatuh cinta dengan Yang. Arsitektur 101 melacak evolusi roman masa muda mereka, menghubungkannya secara puitis kembali ke masa kini.

Selain menyentuh gelombang nostalgia awal tahun 90-an, film Architecture 101 juga mendapatkan pujian karena karakternya yang dalam dan kemampuannya untuk mengingatkan penonton tentang cinta pertama mereka.


11. Il Mare


rekomendasi film korea romantis terbaik di dunia
film korea bikin baper

Judul Korea: 시월애 (Siworae)
Dirilis: 2000
Dibintangi: Jun Ji-hyun, Lee Jung-jae

Film ini menggambarkan "cinta yang melampaui waktu" antara seorang wanita bernama Eun-joo (Jun Ji-hyun) dan seorang pria bernama Sung-hyun (Lee Jung-jae).

Eun-joo dan Sung-hyun tinggal di rumah yang sama di tepi laut - tetapi pada waktu yang berbeda, sebenarnya mereka dua tahun terpisah.

Entah bagaimana, keduanya mulai menulis surat satu sama lain (jangan tanya bagaimana ... realisme bukan kekuatan film), dan secara bertahap mengembangkan perasaan satu sama lain.

Film Il Mare menawarkan pandangan meditatif yang tenang tentang romansa - kontras dengan komedi romantis yang kurang ajar seperti My Sassy Girl.

Film ini terkenal dengan sinematografi dan pemandangannya yang luar biasa, yang menciptakan aura indah sepanjang durasi film.

Il Mare juga cukup terkenal untuk menelurkan remake AS. Dibintangi Keanu Reeves dan Sandra Bullock, The Lake House mentransplantasikan konsep waktu-melampaui ke Chicago.


10. All About My Wife


daftar film romantis korea selatan tentang sabahat jatuh cinta
film komedi romantis korea terbaru

Judul Korea: 내 아내 의 모든 것 (Nae anaeui modeun geot)
Dirilis: 2012
Dibintangi: Im Soo-jung, Lee Sun-kyun, Ryu Seung-ryong

Seringkali, kita melihat negara-negara lain membuat ulang film romantis Korea Selatan. Dalam hal ini, All About My Wife adalah unik. Film komedi romantis ini sebenarnya adalah remake dari film Argentina berjudul A Boyfriend for My Wife.

Film ini memiliki premis yang lucu. Lee Doo-hyun (diperankan oleh Lee Sun-kyun) adalah seorang lelaki yang santun yang tidak tahan dengan istrinya yang terus-menerus mengomel (diperankan oleh Im Soo-jung).

Terlalu malu untuk meminta cerai pada istrinya, Lee menyewa tetangga casanova Jang Sung-ki (diperankan oleh Ryu Seung-ryong) untuk merayu istrinya pergi.

Baca juga: Rekomendasi Drama Korea High School Terbaik


All About My Wife tampil cukup baik di box office Korea, mengalahkan The Avengers ketika ditayangkan perdana. Film ini memuat banyak lelucon jenaka, dan mempertahankan momentum mendongeng yang kuat sepanjang.

All About My Wife menjadi salah satu film komedi romantis Korea terbaik yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.


9. Love 911


film korea paling sedih bikin nangis
film korea terbaik paling romantis

Judul Korea: 반 창꼬 (Banchangkko)
Dirilis: 2012
Dibintangi: Go Soo, Han Hyo-joo

Rekomendasi film korea romantis terbaik selanjutnya ditempati oleh film Love 911. Mengisahkan seorang petugas pemadam kebakaran dan seorang dokter yang jatuh cinta: itulah garis besar dari film Love 911. 

Go Soo membintangi sebagai seorang petugas pemadam kebakaran bernama Kang-il — yang tidak bisa melupakan kematian istrinya — dan Han Hyo-joo memerankan dokter berhati dingin bernama Mi-soo.

Ketika Mi-soo dituntut karena malpraktek, pengacaranya menyoroti Kang-il sebagai saksi yang dapat meragukan karakter pasien yang menuntut.

Ingin tetap memiliki lisensi medis, Mi-soo menghampiri Kang-il, diam-diam bertujuan untuk meyakinkannya untuk bersaksi. Keduanya akhirnya semakin dekat, dan Anda bisa mencari tahu kelanjutan filmnya di film ini..

Terlepas dari pekerjaan serius para karakternya, Love 911 menyediakan kisah yang menyenangkan. Ini adalah film Korea komedi romantis tanpa basa-basi yang akan menggelitik Anda dan sekaligus menyentuh hati Anda.


8. Love, Lies


film korea sedih romantis komedi
film romantis korea paling sedih bikin nangis

Judul Korea: 해어화 (Hae-eohwa)
Dirilis: 2016
Dibintangi: Han Hyo-joo, Chun Woo-hee, Yoo Yeon-seok

Love, Lies adalah film romantis unik yang dibuat pada tahun 1940-an, ketika Korea berada di bawah pendudukan Jepang.

Han Hyo-joo dan Chun Wo-hee membintangi sebagai Jung So-yul dan Seo Yeon-hee, masing-masing, dua penghibur wanita (gisaeng) mempelajari praktik berkurangnya musik jeongak tradisional Korea.

Suatu hari pada tahun 1943, So-yul bertemu dan jatuh cinta penulis lagu musik pop terkenal. Ini menegangkan hubungannya dengan Yeon-hee, dan juga memaksanya untuk berjuang antara tradisi musik "tradisional" dan "modern".

Film Love, Lies membawa banyak bobot sejarah. Film ini berisi banyak nada tentang penderitaan Korea di bawah pemerintahan kekaisaran Jepang, dan media Korea memuji pembuatan ulang tahun 1940-an Seoul yang sangat terperinci. Pastikan kamu menonton film ini.


7. 200 Pounds Beauty


film korea tentang jatuh cinta diam-diam
film korea sedih romantis komedi

Judul Korea: 미녀 는 괴로워 (Minyeoneun Goerowo)
Dirilis: 2006
Dibintangi: Kim Ah-joong, Joo Jin-mo

Korea Selatan memimpin dunia dalam operasi plastik. Karena itu, tidak mengherankan bahwa salah satu kisah cinta paling populer di Korea sepanjang masa menggunakan operasi plastik sebagai titik plot besar.

Di 200 Pounds Beauty, Kang Han-na memutuskan untuk menjalani operasi kosmetik drastis setelah merasa kurang dihargai dan tertekan karena bully-an orang-orang di sekitarnya. Dia kemudiam tampil langsing dan cantik, dengan asumsi identitas baru dan bertekad untuk memasuki industri musik dengan caranya sendiri.


200 Pounds Beauty menyediakan cara yang mudah diakses, meski tidak selalu bernuansa, untuk belajar tentang standar kecantikan di Korea Selatan. Jika Anda tidak ingin belajar apa pun, favorit box office ini akan menghibur Anda dengan lagu, tarian, dan drama.


6. Be With You


Film Korea Romantis Terbaik Sepanjang Masa
Film Korea Romantis Terbaik Sepanjang Masa

Judul Korea: 지금 만나러 갑니다 (Jigeum Mannareo Gamnida)
Dirilis: 2018
Dibintangi: So Ji-sub, Son Ye-jin

Film korea paling romantis selanjutnya adalah film Be With You. Melodrama 2018 Be With You sukses menyapu box office pada premiernya, menjadi melodrama Korea tercepat (di depan yang lain seperti Architecture 101) untuk mencapai 1 juta penonton (dalam 7 hari).

Film Korea terbaik ini dibintangi So Ji-sub dan Son Ye-jin dalam peran utama pria dan wanita, masing-masing, Be With You adalah remake Korea dari film Jepang populer dengan nama yang sama.

Jadi Ji-sub memainkan Woo-jin, seorang pria yang membesarkan seorang putra muda. Istri Woo-jin, Soo-ah (Son Ye-jin) meninggal setahun yang lalu - tetapi tiba-tiba, dia kembali pada suatu hari musim panas, meskipun tanpa ingatan akan kematiannya sendiri.

Be With You mengikuti plot melodrama yang cukup standar, jadi jika Anda mencari pesaing kuat dalam genre, itu akan menjadi pilihan yang baik.


Baca lebih banyak rekomendasi film romantis Korea terbaik sepanjang masa di bagian 2.

Next > Bagian 2

Loading...

Related Posts

0 komentar: