-->

10 Anime Olahraga Terbaik Sepanjang Masa Wajib Ditonton!

Apa saja judul anime olahraga terbaik yang wajib ditonton?

Selowae.Net - Anime olahraga telah akrab bagi banyak penggemar anime tidak hanya di Jepang tetapi di seluruh dunia untuk waktu yang lama. 

Banyak anime populer telah dibuat dengan tema berbagai olahraga populer termasuk baseball, sepak bola, bola basket, tinju, renang dan sebagainya, itulah sebabnya anime olahraga populermemiliki kalangan kelompok umur yang luas.

Orang-orang internasional juga menikmati menonton anime olahraga yang berfokus pada olahraga populer dan familiar tersebut sementara banyak anime terkenal bergantung pada budaya dan kebiasaan unik Jepang. 

Berikut adalah 5 serial anime sport terbaik sepanjang masa termasuk franchise anime klasik dan serial anime genre olahraga terbaru.

Baca juga: Anime Sport Underrated yang Wajib Kamu Tonton


Rekomendasi Anime Olahraga Terbaik Sepanjang Masa


#1 - Haikyu!! (Voli)

Rekomendasi Anime Olahraga Terbaik

Haikyu!! (ハイキュー!!) adalah salah satu serial manga dan anime olahraga terbaru yang bertemakan bola voli. 

Serial manga ini telah selesai dengan volume ke-45 pada tahun 2020, yang telah dibuat menjadi adaptasi anime sejak tahun 2014. Ada empat musim yang ditayangkan hingga tahun 2020 dalam serial anime tersebut.

Haikyu!! berpusat pada pemain bola voli kecil Shoyo Hinata, yang bergabung dengan klub bola voli SMA Karasuno dan menemukan saingannya Tobio Kageyama juga bergabung dengan klub yang sama. Mereka menetapkan tujuan untuk memenangkan kejuaraan voli sekolah menengah nasional.


#2 - Slam Dunk (Basket)

Top 5 Anime Olahraga Terbaik Sepanjang Masa

Slam Dunk adalah salah satu serial manga dan anime olahraga terbaik sepanjang masa yang berfokus pada bola basket. 

Seri manga klasik diserialkan di Weekly Shonen Jump antara tahun 1990 dan 1996 dan adaptasi animenya ditayangkan dengan 101 episode dari tahun 1993 hingga 1996.

Slam Dunk mengikuti seorang anak SMA nakal Hanamichi Sakuragi. Dia diperkenalkan ke klub bola basket di SMA Shohoku oleh pahlawan wanita Haruko Akagi dan memutuskan untuk bergabung dengannya.

 Meskipun ia tidak memiliki pengalaman bermain bola basket, tetapi anime olahraga menggambarkan kisah pertumbuhannya dengan kemampuan atletiknya yang luar biasa. 

Selain protagonis, ada berbagai karakter keren sebagai rekan satu timnya dan saingannya di sekolah menengah lainnya.



#3 - Prince Of Tennis (Tenis)

Prince Of Tennis (Tenis)

Prince Of Tennis (テニスの王子様) adalah serial manga dan anime olahraga terkenal terutama di Jepang. 42 volume seri manga diterbitkan antara 1999 dan 2008 dan 178 episode dari seri anime disiarkan dari 2001 hingga 2005. Seri berikut The New Prince of Tennis telah diserialkan sejak 2009.

Prince Of Tennis bercerita tentang klub tenis sekolah menengah di Akademi Seishun. 

Baca juga: Rekomendasi Anime Mirip Haikyu

Anime tenis berfokus pada siswa baru berbakat Ryoma Echizen, yang telah memenangkan beberapa kejuaraan junior di Amerika Serikat. Dia tumbuh di klub tenis kompetitif yang bertemu dengan berbagai pemain kuat di seluruh negeri.



#4 -  Eyeshield 21 (American Football)

Eyeshield 21 (アイシールド21) adalah anime olahraga klasik populer, yang terdiri dari 145 episode

Eyeshield 21 (アイシールド21) adalah anime olahraga klasik populer, yang terdiri dari 145 episode yang ditayangkan pada tahun 2005-2008. Anime American football didasarkan pada serial manga asli yang ditulis oleh Riichiro Inagaki, yang terkenal dengan Dr. Stone, dan diilustrasikan oleh Yusuke Murata, yang terkenal dengan One-Punch Man.

Eyeshield 21 adalah anime Jepang terkenal pertama yang berfokus pada sepak bola Amerika, berlatar di SMA Swasta Deimon Jepang yang tidak dikenal. 

Seorang anak laki-laki pemalu Sena Kobayakawa, yang kemudian dikenal sebagai Eyeshield 21, dipaksa untuk bergabung dengan klub sepak bola Amerika SMA Deimon Devil Bats oleh kaptennya Yoichi Hiruma. 

Mereka bertujuan untuk pergi ke Christmas Bowl, kejuaraan sepak bola Amerika sekolah menengah nasional. Salah satu anime sport terbaik sepanjang masa ini jangan sampai kamu lewatkan.


#5 – CaptainTsubasa (Sepakbola)

Captain Tsubasa (キャプテン翼) adalah salah satu anime olahraga paling terkenal dan populer di seluruh dunia

Captain Tsubasa (キャプテン翼) adalah salah satu anime olahraga paling terkenal dan populer di seluruh dunia, yang didasarkan pada seri manga yang ditulis oleh Yoichi Takahashi. 

Serial anime pertama dimulai pada tahun 1983 dan selesai dengan episode ke 128 pada tahun 1986. Manga sepak bola telah menginspirasi banyak pemain sepak bola top terkenal di dunia.

Baca juga: Rekomendasi Anime Bertema Sepakbola Terbaik Sepanjang Masa

Kapten Tsubasa mengikuti seorang bocah lelaki berusia 11 tahun bernama Tsubasa Ozora, yang membenamkan dirinya dalam bermain sepak bola dan memiliki mimpi untuk memenangkan Piala Dunia FIFA sebagai anggota tim nasional Jepang.

Cerita berlanjut ketika dia bertemu dengan kiper berbakat Genzo Wakabayashi. Seluruh serial anime ini menyajikan kisah pertumbuhan Kapten Tsubasa dan teman-temannya.


#6 - Hajime no Ippo (Tinju)

anime olahraga terbaik, anime genre olahraga rekomendasi yang bagus

Rekomendasi anime sport terbaik berikutnya adalah Hajime no Ippo yang musim pertamanya tayang pada tahun 2000. Mengisahkan tentang murid SMA bernama Ippo yang sering di bully oleh preman tanpa bisa melawan.

Suatu hari, ketika Ippo sedang diganggu ia ditolong oleh petinju profesional bernama Takamura. Dengan kemampuan bela diri yang dikuasainya, Takamura berhasil mengusir para preman yang sedang mengganggu Ippo. Ippo yang melihat langsung aksi petinju tersebut tentu sangat takjub. Dalam hatinya, ia ingin bisa seperti sang petinju.

Hari berikutnya, Ippo diajari menggunakan jab dan harus mengambil sepuluh daun yang jatuh dari pohon dengan cepat. Awalnya Ippo kesulitan, namun berkat usaha kerasnya ia berhasil juga menyelesaikan tugas tersebut. Kemudian, ia pergi ke sasana Kamogawa untuk berlatih menjadi seorang petinju profesional, seperti Takamura.

Perjalanan panjang Ippo untuk menjadi petinju terbaik di dunia benar-benar sangat seru dan penuh dengan aksi drama yang keren.

Anime Hajime no Ippo yang diangkat dari manga berjudul sama ini berhasil mendapatkan banyak penghargaan sekaligus rating tinggi dari situs MyAnimeList. Tentu kamu tidak boleh melewatkan salah satu anime olahraga terbaik sepanjang masa ini.


#7 - Ping Pong The Animation (Ping Pong)

anime sport terbaik terkeren

Sama seperti judulnya, Ping Pong the Animation mengangkat olahraga yang anti-mainstream dalam anime, yaitu tenis meja atau ping pong. Anime yang tayang pada Spring 2014 ini berhasil mendapatkan sambutan hangat dari para pecinta anime, terbukti dari ratingnya yang cukup tinggi di MyAnimeList.

Salah satu rekomendasi anime sport yang seru ini berfokus pada Peco dan Smile, dua orang yang sudah berteman sejak kecil meskipun kepribadian mereka berbeda. Saat ini, baik Peco maupun Smile telah tumbuh menjadi anggota paling berbakat dalam klub tenis meja di SMA Katase.

Hingga suatu hari, Peco kalah telak ketika bertanding dengan salah seorang pemain China, yang membuat semangatnya hancur dan berpikir untuk berhenti bermain tenis meja. Di samping itu, Smile yang memiliki kepribadian mudah mengalah pada lawan terus dimotivasi oleh Pelatih Jou agar ia bisa menjadi pemain ping pong terbaik di dunia.

Jika kamu mencari anime olahraga yang ceritanya seru dan sulit ditebak, maka Ping Pong The Animation bisa menjadi pilihan terbaikmu.


#8 - Yowamushi Pedal (Balap Sepeda)

anime genre sports terbaik sepanjang masa

Yowamushi Pedal bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang menyukai olahraga balap sepeda. Anime yang tayang tahun 2013 ini berkisah tentang Onoda Sakamichi, seorang otaku yang baru saja memasuki SMA.

Onoda memiliki impian untuk membuat klub anime di SMA-nya dan bertemu dengan banyak teman otaku. Sayangnya, klub anime yang ingin dimasuki Onoda ternyata telah dibubarkan karena sudah tidak ada anggotanya.

Tidak mau impiannya berhenti begitu saja, Onoda pun langsung berusaha mencari setidaknya 4 orang yang mau bergabung agar klub anime di sekolahnya dapat aktif kembali.

Uniknya, usaha Onoda yang tengah mencari anggota baru klub anime malah membuatnya bertemu dengan Imaizumi Shunsuke, murid baru yang akan mengikuti klub sepeda balap. Pertemuan keduanya kemudian membawa Onoda ke dalam takdir tak terduga di mana dirinya malah bergabung dengan klub sepeda.


#9 - Ballroom e Youkoso (Tari Balet)

anime olahraga terbaik sepanjang masa di dunia

Rekomendasi anime sport terbaik selanjutnya ditempati oleh Ballroom e Youkoso. Anime olahraga terbaik ini berkisah mengenai olahraga tari, dengan tokoh utamanya bernama Tatara Fujita. Fujita adalah seorang murid SMP biasa yang masih bingung dengan tujuan hidupnya. Setiap harinya, ia hanya melakukan hal-hal yang tidak berarti. Setidaknya sampai ia bertemu pria misterius yang membawanya ke kelas dansa.

Awalnya, Tatara tidak terlalu tertarik dengan tari, apalagi dia adalah seorang laki-laki. Namun, setelah melihat pasangan penari yang tengah berdansa, ia pun langsung terpesona dan ingin menjadi seperti mereka.

Tatara Fujita yang awalnya tidak memiliki tujuan pun mulai berkeinginan untuk belajar menari dan memulai latihannya di Ballroom Dance.

Ballroom e Youkoso adalah anime olahraga yang sangat seru, lengkap dengan drama, romansa, komedi dan juga aksi. Sangat rugi apabila kamu melewatkannya begitu saja...


#9 - Kuroko no Basuke (Basket)

Rekomendasi Anime Sport Terbaik dan Terkeren Sepanjang Masa


Selain Slam Dunk, ada satu lagi anime basket yang pantas disebut sebagai salah satu anime sport terbaik sepanjang masa, yaitu Kuroko no Basuke. Anime yang tayang pertamakali pada Spring 2012 ini memiliki genre comedy, school, shounen dan sport.

Cerita dalam Kuroko no Basuke sendiri mengisahkan tentang lima orang jago basket yang konon hanya muncul sepuluh tahun sekali. Mereka disebut Generasi Keajaiban. Masing-masing dari Generasi Keajaiban ini memiliki talenta yang sangat hebat dalam bermain basket. Diketahui kemudian bahwa ternyata ada satu lagi anggota Generasi Keajaiban yang tidak diketahui banyak orang. Mereka memanggilnya sebagai Pemain Bayangan Keenam.

Penasaran kan dengan kelanjutan ceritanya? Kamu dapat menontonnya sendiri dalam anime Kuroko no Basuke.


#10 - Free (Berenang)

Rekomendasi Anime Sport Terbaik dan Terkeren Sepanjang Masa


Free! Berhasil menjadi anime sport terbaik di tahun 2013. Anime yang berjumlah 12 episode ini berkisah tentang empat anak laki-laki yaitu Haruka, Nagisa, Makoto dan Rin. Mereka mengikuti sebuah turnamen renang bersama-sama sebelum akhirnya terpisah.

Beberapa tahun kemudian, takdir mempertemukan mereka kembali di mana Rin langsung menantang Haruka untuk lomba renang dan ia pun memenangkannya. Tidak mau kalah begitu saja, Haruka mengumpulkan Makoto, Nagisa dan Rei untuk membentuk klub renang SMA Iwatobi. Dimulailah berbagai peristiwa seru yang tentunya sangat asyik untuk diikuti.

Tag: anime Sport Terbaik yang Bikin Semangat, Anime Sport Terbaik yang Populer di Indonesia,  anime olahraga 2022 anime olahraga badminton anime olahraga lari anime olahraga sepak bola anime olahraga basket, anime sport.

Untuk info lebih lanjut tentang anime dan budaya pop Jepang lainnya, baca juga artikel di bawah ini! Baca juga: Anime Olahraga Terbaiki 2019


0 Response to "10 Anime Olahraga Terbaik Sepanjang Masa Wajib Ditonton!"

Posting Komentar