-->

Mengenal Ms Marvel (Kamala Khan), Superhero Muslim dari Marvel Comics

Siapa Sebenarnya Kamala Khan atau Ms. Marvel?

Dunia Marvel Cinematic Universe (MCU) kembali merilis superhero baru yang akan meramaikan universenya. Kamala Khan sebagai Ms. Marvel akan menjadi superhero muslim pertama yang muncul di MCU, dan Ms. Marvel akan menjadi serial ketujuh yang dirilis MCU. Iman Vellani akan berperan sebagai Kamala Khan. Pahlawan super berusia 16 tahun yang berasal dari Pakistan dan Amerika adalah Kamala Khan.

Siapa Sebenarnya Kamala Khan atau Ms. Marvel?

Karkter Kamala Khan digunakan oleh seniman jalanan di San Francisco pada tahun 2015 sebagai simbol penolakan terhadap Inisiatif Pertahanan Kemerdekaan Amerika, yang bersifat anti-Islam. Presiden Barack Obama menyebut Ms. Marvel saat bertemu dengan penciptanya, Sana Amanat, pada 2016.

Kevin Feige, bos Marvel Studios, mengatakan bahwa busur karakter Ms. Marvel harus seakurat komiknya untuk memperkenalkannya ke MCU, terlepas dari popularitasnya. Sebenarnya, seperti yang ditunjukkan dalam trailer, MCU tampaknya mengubah beberapa aspek Ms. Marvel. 

Menurut Screen Rant, ada banyak perbedaan antara asal-usul dan kekuatan Ms. Marvel versi komik dan MCU. Apa itu? Mari kita bahas dalam artikel ini...


Asal-Usul Ms. Marvel (Kamala Khan) versi Komik

Di komik, Ms. Marvel terkait dengan kelompok makhluk luar angkasa yang disebut Inhumans. Sekelompok manusia yang diutak atik secara genetis dalam eksperimen alien meninggalkan rasa manusia untuk hidup di kota bulan terpencil Attilan. Setiap Inhuman terpapar kabut terrigen, zat mutagenik, saat mereka menjadi remaja. Ini akan menyebabkan kekuatan super mereka berkembang.

Attilan hancur saat melayang di atas bumi pada 2013. Selain itu, awan kabut Terrigen menyebar ke atmosfer Bumi. Setelah itu, diketahui bahwa tidak semua makhluk Inhuman telah meninggalkan Bumi. Ada yang terus hidup dan menikahi orang lain.

Asal-Usul Ms. Marvel (Kamala Khan) versi Komik

Gen Inhuman iwariskan kepada keturunan mereka. Jika mereka terpapar awan Terrigen dan memiliki gen Inhuman, mereka dapat secara spontan mengembangkan kekuatan super. Ini menjelaskan mengapa seorang cewek tanpa identitas Muslim Amerika yang tinggal di New Jersey bisa tiba-tiba menjadi seorang superhero yang dikenal sebagai Ms. Marvel.

Kekuatan Ms. Marvel di komik telah berubah dan berkembang sepanjang waktu. Dia dapat mengontrol molekulnya sendiri. Ini pada dasarnya menunjukkan bahwa dia memiliki kekuatan "melar" dari Mr. Fantastic dari Fantastic Four; namun, pada kenyataannya, dia memiliki kapasitas yang lebih besar.

Kamala dapat membesar dan mengecil sesuai keinginan mereka. Dia bahkan memiliki kemampuan untuk berubah bentuk untuk mengubah bagaimana dia terlihat. Ketika Kamala mendapatkan kekuatannya pertama kali, dia secara tidak sadar berusaha membuat dirinya mirip dengan Captain Marvel, pahlawan idolanya. Di komik terbaru, dikatakan bahwa ini mungkin karena dia memiliki hubungan genetik dengan dimensi alternatif, yang memungkinkannya mengecil.


Asal-Usul Ms. Marvel (Kamala Khan) di Marvel Cinematic Universe

Asal-Usul Ms. Marvel (Kamala Khan) di Marvel Cinematic Universe

Trailer Ms. Marvel untuk Disney+ mengkonfirmasi bahwa asal-usul Kamala Khan telah dimodifikasi secara menyeluruh. Dia masih seorang remaja normal yang ingin menjadi seorang superheroes. Sepertinya kekuatan di MCU berasal dari jenis gelang alien modern. Ada kemungkinan bahwa benda-benda ini berasal dari sumber yang misterius.

Sebenarnya, masih ada penghormatan yang tidak resmi terhadap Kabut Terrigen. Seperti representasi sejumlah seniman terhadap awan Terrigen, energi kosmik yang mengelilingi Kamala ketika dia memakai gelang itu mirip. Namun, tidak ada bukti warisan Inhuman pada versi Kamala MCU ini.

Gelang tersebut tidak jelas. Mungkin itu adalah artefak Kree bernama Gelang Nega versi MCU karena hubungan yang kuat antara Ms. Marvel dan Carol Danvers dalam MCU. Di trailer, ada adegan di mana ibu Kamala mencoba mendefinisikannya, menunjukkan konflik identitas yang sepertinya akan menjadi pusat serial tersebut.

Baca juga: 20 Film Animasi Dinosaurus Terbaik untuk Ditonton Anak-anak


Ini akan jelas menjadi kontroversial karena perubahan drastis dalam kekuatan dan sejarah Ms. Marvel. Perubahan ini tampaknya dikaitkan dengan keenganan Marvel untuk menghadapi franchise Inhumans, yang sepertinya tidak pernah menarik perhatian Kevin Feige. 

Tidak lama setelah reorganisasi Marvel memberinya kontrol penuh atas MCU, film Inhumans dicoret. Selain itu, serial televisi Inhumans sangat buruk. Bahkan dalam komik, ini akhirnya mengakhiri franchise itu. Dalam hal ini, tidak mengherankan jika Marvel Studios akhirnya menolak untuk melawan Inhumans.

Dalam kebanyakan kasus, perubahan asal usul membuka peluang untuk kekuatan alternatif. Sudah lama diketahui bahwa kekuatan Ms. Marvel akan tampak aneh dalam film live-action. Bahkan G Willow Wilson, salah satu penciptanya, menyatakan keprihatinannya.

Namun, orang lain menyatakan bahwa kekuatan melar inti Ms. Marvel dan Mr. Fantastic terlalu mirip secara visual. Karena itu, Marvel Studios saat ini sedang berusaha untuk memperkenalkan versi Fantastic Four mereka, mereka mungkin tidak ingin memiliki kekuatan yang mirip secara visual muncul bersamaan.

Namun, tuntutan cerita adalah alasan terakhir untuk perubahan Ms. Marvel. Tidak banyak yang diketahui tentang gelang misterius yang ditemukan Kamala. Tidak diketahui apakah itu Gelang Kuantum atau Gelang Nega. Selain itu, akan ada hubungan logis antara Ms. Marvel dan Captain Marvel. Ini akan membantu membangun masa depan Kamala Khan sebagai Ms. Marvel di MCU.


Kekuatan Ms. Marvel

Kekuatan Ms. Marvel

Pada versi komiknya, Ms. Marvel memiliki kekuatan bernama Embiggen, yang memungkinkannya mengubah ukuran bagian tubuh tertentu atau membuat anggota tubuhnya lentur. 

Kamala adalah seorang Inhuman yang kekuatannya berhasil diaktifkan setelah melalui proses Terrigent Mist. Beberapa kekuatan Ms. Marvel versi Kamala Khan adalah:

Morfogenetika: Kamala dapat meregangkan, memperluas, atau memadatkan seluruh tubuhnya atau bagian-bagiannya menjadi bentuk apa pun yang dapat ia bayangkan.

Elongation: Kamala dapat memperpanjang anggota tubuhnya sesuka hati.

Perubahan ukuran: Kamala dapat menyesuaikan tinggi badan dan postur tubuhnya. Dia pernah mengecil sampai ke ukuran action figure dan pernah juga mengubah ukuran tubuhnya setinggi gedung. Dengan kemampuan ini dia juga mampu membuat tubuhnya setipis kertas.

Accelerated Healing Factor: Kamala mampu menyembuhkan luka dengan cepat karena memiliki healing factor.

Shape Shifting: Kamala Khan memiliki kekuatan untuk mengubah penampilan fisiknya, termasuk rambut dan pakaiannya. Dia bahkan bisa mengubah penampilannya untuk meniru benda mati.


Kelemahan Kamala Khan (Marvel Comics)


EMP: Tubuh Ms. Marvel rentan terhadap EMP, karena dapat melemahkan elastisitasnya.


Namun, dalam serialnya nanti, kekuatan Kamala berubah menjadi konstruksi yang bernuansa kosmis dan lebih mirip dengan sosok Green Lantern.

Sepertinya perubahan ini dilakukan karena kekuatan Embiggen akan terlihat aneh jika ditampilkan secara langsung. Namun, ada juga yang menduga bahwa perubahan ini dilakukan agar kekuatan Kamala tidak sekuat Mr. Fantastic, yang memiliki kemampuan untuk melemparkan bagian tubuhnya. Penulis dan produser Ms. Marvel, Sana Amanat, akhirnya berbicara tentang alasan kekuatan Kamala berubah.

Baca jua: 10 Musuh Bebuyutan Spider-Man dalam Komik Marvel


“Sejujurnya, saya tidak tahu. Saya rasa tidak demikian (agar tidak mirip Mr. Fantastic). Dari pemahaman saya, itu semacam berkaitan dengan kisah yang ingin kami ceritakan dengan Kamala, dan tidak hanya terkait dengan acara MCU, tapi juga dengan sejarah yang dia miliki dan hubungan dengan keluarganya. Saya rasa itu (perubahan kekuatan) benar-benar ide yang lebih besar,” ungkap Amanat seperti melansir The Direct.

Menurut Amanat, ada kemungkinan bahwa silsilah keluarga Kamala Khan akan dikaitkan dengan kekuatan serial televisinya yang akan datang. Menurut versi komiknya, Kamala adalah Inhumans, jadi kemungkinan keluarganya juga Inhumans.

Tag:Dari mana kekuatan Kamala Khan? Captain Marvel punya kekuatan apa? Siapa musuh Utama Ms. Marvel? Apakah Ms. Marvel sama dengan Captain Marvel?

Demikian pengenalan singkat tentang asal-usul dan kekuatan Kamala Khan (Ms. Marvel) versi komik DC dan versi film. 

0 Response to "Mengenal Ms Marvel (Kamala Khan), Superhero Muslim dari Marvel Comics"

Posting Komentar