-->

11 Film Jepang Terbaik Tahun 2019, dari Masquerade Hotel sampai Weathering With You

Tahun 2019 lalu, Jepang bukan hanya merilis banyak anime keren, tapi banyak juga film layar lebar yang bagus dan wajib untuk ditonton.

Nah, dalam kesempatan kali ini kami telah membuat daftar film terbaik Jepang yang rilis selama tahun 2019. Film Jepang terbaru apa saja kira-kira yang akan masuk daftar? Yuk simak selengkapnya setelah tanda titik dua berikut ini:

Jangan lupa juga membaca 8 Rekomendasi Film Thailand Terbaik 2019.

Rekomendasi Film Jepang Terbaik 2019


11. Masquerade Hotel


Rekomendasi Film Jepang Terbaik 2019

Judul Jepang: マ ス カ レ ー ド ・ ホ テ (Masukaredo Hoteru)
Direktur: Masayuki Suzuki
Dibintangi: Takuya Kimura, Masami Nagasawa, Fumiyo Kohinata
Genre: Kejahatan, Misteri

Masquerade Hotel mengawali daftar film Jepang terbaik 2019 kami. Diadaptasi dari novel laris oleh Keigo Higashino, film thriller Jepang yang mengisahkan misteri pembunuhan ini memadukan pesona dan kualitas produksi tinggi untuk pengalaman yang umumnya menghibur.

A-lister Takyua Kimura dan Masami Nagasawa masing-masing berperan sebagai detektif polisi bernama Kosuke Nitta dan petugas hotel bernama Naomi Yamagishi.

Nitta mengejar pembunuh berantai, dan menemukan info bahwa pembunuhan berikutnya akan terjadi di hotel mewah tempat Yamagishi bekerja. Untuk menangkap si pembunuh, Nitta menyamar sebagai pegawai hotel di bawah pengawasan Yamagishi.

Ini menyebabkan gesekan yang lucu, karena skeptisisme Nitta terhadap manusia berbeda dengan keyakinan Yamagishi bahwa "tamu selalu benar."

Walaupun plotnya tidak terlalu menegangkan atau rumit, film Masquerade Hotel masih menjadi salah satu film terlaris di Jepang pada tahun 2019.

Audiens dapat dengan mudah mengikuti alur cerita filmnya, karakternya memiliki chemistry yang baik, dan memiliki langkah yang baik. Dengan modal tersebut, film Masquerade Hotel menjadi salah satu yang terbaik di tahun 2019 ini.



10. Fly Me To The Saitama


daftar film terbaik jepang 2019

Judul Jepang: 翔 ん で 埼 玉 (Tonde Saitama)
Direktur: Hideki Takeuchi
Dibintangi: Fumi Nikaidō, GACKT, Yusuke Iseya, Masaki Kyomoto
Genre: Komedi, Drama

Penonton yang penasaran dengan budaya Jepang harus mempertimbangkan untuk menonton Fly Me To The Saitama. Kisah komedi unik ini adalah salah satu film paling “Jepang sentris” dalam daftar ini, karena diputar di stereotip regional Jepang.

Sedikit penjelasan — Saitama adalah prefektur di sebelah Tokyo. Untuk orang Amerika, Saitama ke Tokyo seperti New Jersey ke New York City.

Orang Tokyo sering memandang rendah Saitama sebagai sesuatu yang tidak menarik dan timpang dibanding daerah lainnya. Kadang-kadang mereka menyebut prefektur "Da-Saitama" —sebuah permainan kata-kata yang secara kasar diterjemahkan sebagai "Lame Saitama."

Film Fly Me To The Saitama membawa persaingan regional ini menjadi ekstrem. Film terbaik Jepang tahun 2019 ini mengambil tempat di dunia di mana orang-orang dari Saitama memerlukan visa khusus untuk memasuki Tokyo, dan menghadapi diskriminasi yang nyata.

Dalam film itu, seorang mantan penduduk Saitama kembali dari belajar di Amerika. Di sekolah asrama mewah, ia menjadi saingan dengan putra gubernur Tokyo.

Persaingan mereka akhirnya memicu ketegangan regional dengan cara yang lucu dan penuh aksi. Pemirsa yang menyukai film samurai, anime “boys love”, atau sekadar mempelajari budaya Jepang akan sangat menikmati Fly Me To The Saitama.


9. A Long Goodbye


rekomendasi film jepang terbaru dan terbaik

Judul Jepang: 長 い お 別 れ (Nagai Owakare)
Direktur: Ryota Nakano
Dibintangi: Yu Aoi, Yuko Takeuchi, Chieko Matsubara, Tsutomu Yamazaki
Genre: Keluarga, Drama

Rekomendasi film Jepang terbaru dan terbaik tahun 2019 selanjutnya adalah A Long Goodbye.

Dengan populasi yang cepat menua, Jepang telah melihat banyak representasi demensia dalam film. A Long Goodbye adalah salah satunya.

Film ini memiliki petunjuk samar-samar tentang eksplorasi Yasujiro Ozu dan Hirokazu Kore-eda tentang keluarga yang tidak sempurna, meskipun dengan rasa yang kurang artistik dan lebih sakarin.

Konsisten dengan judulnya, A Long Goodbye mengeksplorasi penurunan mental selama tujuh tahun dari Shohei, seorang pensiunan kepala sekolah menengah.

Kita melihat dua putri Shohei, Fumi dan Mari — yang masing-masing tinggal di Tokyo dan AS — melangkah untuk merawatnya, sambil menghadapi tantangan romantis dan keluarga mereka sendiri.

Perjuangan Mari dalam beradaptasi dengan kehidupan di AS sambil menyeimbangkan kewajiban keluarga "kembali ke rumah" terutama beresonansi dengan audiens diaspora Asia.


Meskipun film A Long Goodbye mungkin merasa sedikit sentimental dengan manis, itu mungkin membuat film lebih mudah diakses oleh penonton sehari-hari.

Secara keseluruhan, A Long Goodbye adalah tantangan kesehatan keluarga yang berjalan baik dan diproduksi dengan baik yang tidak hanya relevan untuk Jepang, tetapi juga penonton di luar negeri. Rekomendasi film jepang terbaik tahun 2019 selanjutnya adalah...


8. Hit Me Anyone One More Time


film jepang terbaik sepanjang masa

Judul Jepang: 記憶 に ご ざ い ま せ せ Ki (Kioku ni Gozaimasen)
Direktur: Koki Mitani
Dibintangi: Kiichi Nakai, Dekan Fujioka, Yuriko Ishida
Genre: Komedi, Politik, Drama

Komedi politik yang berlebihan bukan hal yang biasa di media Jepang. Itu sebabnya film komedi jepang terbaik berjudul Hit Me Anyone One More Time patut disorot. Meskipun tidak sekerbau komedi politik Korea atau Amerika, film ini memberikan harapan bagi siapa saja yang ingin Jepang lebih mengolok-olok para politisi.

Pada awal film, Keisuke Kuroda adalah Perdana Menteri Jepang yang boorish, filandering, dan sangat tidak populer (dengan rating persetujuan 2,3%).

Saat berpidato, Kuroda tertabrak batu. Dia bangun dengan ingatan dewasanya yang sudah pergi, dan mulai berdamai dengan masa lalunya.

Sayangnya, Hit Me Anyone One More Time jauh dari menusuk politisi yang sebenarnya. Paralel terdekatnya dengan dunia nyata adalah memiliki pemimpin oposisi perempuan yang secara samar-samar menyerupai Partai Demokratik Renho Jepang.

Jika tidak, Perdana Menteri Shinzo Abe dan Partai Demokrat Liberal yang berkuasa tetap tidak terluka. Namun demikian, Hit Me Anyone One More Time memberikan hiburan yang memuaskan jika tidak subversif dengan lelucon yang mudah diakses dan premis yang unik.


7. To Ends of the Earth


daftar film jepang paling romantis

Judul Jepang: 旅 の お わ り 世界 の は じ ま り (Tabi no Owari Sekai no Hajimari)
Direktur: Kiyoshi Kurosawa
Dibintangi: Atsuko Maeda, Shota sometani, Tokio Emoto, Ryo Kase
Genre: Drama

Film Jepang paling bagus tahun 2019 yang wajib ditonton selanjutnya adalah To Ends of the Earth.

Sebagian satire, sebagian perjalanan, dan sebagian musik, To Ends of the Earth terasa menyapu namun intim seperti pengaturannya.

Sebagian ditugaskan untuk merayakan 25 tahun hubungan diplomatik antara Jepang dan Uzbekistan, film ini dibintangi mantan idola AKB48 Atsuko Maeda sebagai pembawa acara perjalanan bernama Yoko yang melakukan perjalanan di sekitar padang rumput luas dan pasar bazaar Uzbekistan.

Pada awalnya, Yoko menampilkan tindakan tersenyum, Eat Pray Love-esque dalam gaya pertunjukan perjalanan Jepang yang terkenal dangkal. Dia mencari ikan mitos, mencicipi hidangan lokal, dan mencoba naik karnaval.

Tindakan itu berdiri di tanah yang goyah. Ikan tidak muncul, hidangannya kurang matang, dan perjalanan menyebabkan Yoko muntah. Lelah dan cemas namun bertekad untuk mengeluarkan makna dari perjalanannya, Yoko memulai turnya sendiri di Uzbekistan.

Sepanjang jalan, dia menghadapi prasangka tentang Uzbekistan dan mengeksplorasi aspirasinya untuk menjadi penyanyi.

Atsuko Maeda memainkan Yoko secara mengagumkan; mungkin pengalamannya sendiri dalam menantang industri hiburan Jepang sangat berguna.

Meskipun tidak menggugah, To the Ends of the Earth berisi paralel tematik dengan Lost in Translation dan akan menarik bagi mereka yang mencari kisah-kisah penemuan diri yang eksotis tetapi tidak sensasional. Film terbaik Jepang tahun 2019 ini wajib ditonton!

6. First Love


film action jepang 2019 terbaik

Judul Jepang: 初恋 (Hatsukoi)
Direktur: Takashi Miike
Dibintangi: Masataka Kubota, Nao Ōmori, Shota Someani
Genre: Aksi, Drama

Pembuat film terkenal Takashi Miike kembali pada tahun 2019 dengan film First Love. Film jepang 2019 terbaik dan terbaru ini melanjutkan perpaduan khas Miike tentang kekerasan kartun dan humor gelap.

Ini bercerita tentang seorang petinju muda bernama Leo yang jatuh cinta pada Monica, seorang gadis panggilan yang terlibat dalam operasi penyelundupan narkoba.

Dalam satu malam, Leo dan Monica berkeliling Tokyo dengan seorang perwira polisi yang korup, anggota yakuza, dan triad Cina dalam pengejaran.


Terlepas dari judulnya, film First Love memiliki romansa yang minimal. Sebaliknya, ia memiliki banyak kekerasan meriah gelap dan berceceran darah. Sementara pemirsa yang mencari kisah cinta mungkin kecewa, mereka yang menginginkan film aksi yang sangat menghibur akan mengagumi First Love.

Adegan aksi film memiliki koreografi dan sinematografi yang sangat baik; setiap menit menghibur. Salah satu film Jepang romantis terbaik ini jangan kamu lewatkan.


5. Promare


Promare

Judul Jepang: プ ロ メ ア (Promare)
Direktur: Hiroyuki Imaishi
Dibintangi: Kenichi Matsuyama, Taichi Saotome, Masato Sakai, Ayane Sakura
Genre: Anime, Action, Sci-Fi

Fitur debut produser anime Studio Trigger, Promare menawarkan tambahan yang penuh warna dan penuh aksi untuk daftar film Jepang terbaik 2019 kami.

Ditempatkan dalam distopia sci-fi, Promare menggambarkan perjuangan antara sekelompok teroris mutan api dan tim penyelamat pemadam kebakaran. Ketika Galo Thymos, rookie tim penyelamat, menangkap pemimpin teroris Lio Fotia, ia menemukan ada lebih banyak pertempuran dengan api daripada yang awalnya disadarinya.

Selain chemistry hebat antara Galo dan Lio, Promare tidak hanya berisi aksi yang hidup tetapi juga komentar tentang topik-topik seperti perubahan iklim dan genosida. Gaya animasinya juga cukup khas, dan terasa seperti toko permen yang meledak hebat.


4. Kingdom


11 Film Jepang Terbaik Tahun 2019, dari Masquerade Hotel sampai Weathering With You

Judul Jepang: キ ン グ ダ ム (Kingudamu)
Sutradara: Shinsuke Sato
Dibintangi: Kento Yamazaki, Ryo Yoshizawa, Masami Nagasawa, Kanna Hashimoto
Genre: Aksi, Petualangan

Diadaptasi dari manga populer, Kingdom adalah film Jepang terlaris ketiga di box office Jepang tahun 2019. Meskipun menjadi film Jepang, Kingdom mendramatisir kehidupan Li Xin — seorang jenderal untuk Qin selama periode Negara-Negara Berperang Cina kuno.

Film ini melacak kebangkitan Li dari anak yatim yang miskin menjadi pemimpin militer, menyoroti persahabatan dan pertempuran yang ia jalani.

Mengingat perselisihan historis antara kedua negara, agak aneh melihat orang Jepang memerankan sejarah Tiongkok. Sayangnya, Kingdom mungkin mendapat manfaat dari menghangatnya hubungan Tiongkok-Jepang; bagian dari film ini diambil di Kota Xiangshan Film and Television yang terkenal di China.

Selain geopolitik, Kingdom beroperasi pada skala epik dengan energi tinggi. Film ini melanjutkan dari satu urutan pertarungan ke yang lain, menampilkan permainan pedang yang rumit dan kecakapan seni bela diri di tengah pertempuran battlescapes.

Perpaduan antara Benteng Tersembunyi Akira Kurosawa dan Pahlawan Zhang Yimou, Kingdom adalah film aksi non-animasi terbaik 2019 dari Jepang.


3. We Are Little Zombies


film zombie jepang

Judul Jepang: ウ ィ ー ア ー リ ト ル ル ン ビ ー ズ (Wî â Ritoru Zonbîzu)
Direktur: Makoto Nagahisa
Dibintangi: Keita Ninomiya, Satoshi Mizuno, Mondo Okumura, Sena Nakajima
Genre: Drama, Musik, Coming-of-Age

Aneh dan menyenangkan, We Are Little Zombies adalah permata indie Jepang yang berkesan. Film ini memikat kritik internasional di Sundance Film Festival 2019, dan juga memenangkan perhatian khusus di Berlin International Film Festival.

We Are Little Zombies dimulai dengan empat anak berusia 13 tahun bertemu di luar krematorium. Mereka terikat pada penghinaan bersama untuk mendiang orang tua mereka, yang terbakar di dalam.

Tidak percaya pada orang dewasa dan bertekad untuk hidup dengan cara mereka sendiri, kuartet itu akhirnya membentuk sebuah band chiptune bernama "Little Zombies."

Selain plot emosional, We Are Little Zombies menampilkan teknik sinematik yang sangat berbeda. Film ini terungkap dalam "tahapan" yang mengingatkan kita pada video game; masing-masing memiliki layar judul sendiri.


Kostum dan pilihan warna memberikan nuansa yang bersemangat secara psikologis, seolah-olah cluster dibom dengan pelangi. Ketika film mengubah pengaturan, ia beralih di berbagai gaya artistik.

Suatu saat kita melihat bidikan pandangan mata burung, di saat berikutnya kita berada di alam semesta gerak berhenti. Tidak ada momen yang membosankan di We Are Little Zombies.


2. 37 Seconds


film jepang sedih membuat menangis

Judul Jepang: N / A
Direktur: Hikari
Dibintangi: Mei Kayama, Misuzu Kanno
Genre: Drama, Romance, Coming-of-Age

Pemenang Panorama Audience Award Festival Film Internasional 2019 Berlin, 37 Seconds adalah suguhan indie Jepang lainnya.

Film terbaik Jepang tahun 2019 ini menggabungkan sinematografi terkemuka dengan pengisahan cerita yang bagus untuk menghidupkan premisnya yang unik.

Temui Yuma, usia 23. Ketika Yuma lahir, dia berhenti bernapas selama 37 detik — dan sebagai hasilnya hidup dengan cerebral palsy. Meskipun terikat kursi roda, Yuma adalah seniman manga berbakat dengan haus seumur hidup.

Ketika dia menemukan teman dan majikannya Sayaka mengambil pujian untuk pekerjaannya, Yuma memutuskan untuk membuat rute baru untuk dirinya sendiri dengan menggambar manga porno.

Ada sedikit hambatan: Yuma tidak memiliki pengalaman seksual. Tidak terpengaruh, dia mendorong dirinya ke distrik lampu merah Tokyo. Ini Jepang, dan pengalaman bisa dibeli.

Saat mendokumentasikan perjalanan Yuma menuju kemerdekaan, 37 Seconds tidak pernah turun ke schmaltz. Film ini mempertahankan nada yang realistis tetapi lucu.

Ketidakmampuan Yuma bukanlah sesuatu untuk merasa kasihan, itu adalah fakta kehidupan — hidupnya. Terkadang hidupnya menyebalkan, tapi terkadang itu menyenangkan, dan ada keindahan sederhana yang tak terlukiskan di dalamnya.


1. Weathering With You


film Jepang terbaik 2019 adalah Weathering With You

Judul Jepang: 天 気 の 子
Direktur: Makoto ShinkaiDibintangi: Kotaro Daigo, Nana Mori
Genre: Anime, Sci-Fi, Drama, Romance

Memuncaki daftar film-film Jepang terbaik 2019 adalah Weathering With You. Disutradarai oleh animator terkenal Makoto Shinkai, film animasi Jepang Weathering With You memukau para kritikus dan pemirsa, yang memberkatinya dengan ulasan positif dan pendapatan box office besar-besaran.

Bertempat di Tokyo dalam waktu dekat, film ini berfokus pada dua remaja. Hokoda adalah pelarian, dan Hina adalah "gadis sinar matahari" yang memiliki kekuatan mistis untuk mengusir hujan.

Saat hujan badai musim panas yang hebat menerpa Tokyo, Hokoda dan Hina harus menyeimbangkan cinta mereka yang pemula dengan membantu kota. Ini adalah kisah yang sejajar dengan perjuangan umat manusia saat ini dengan perubahan iklim.

Seperti banyak film Makoto Shinkai sebelumnya, Weathering With You berisi animasi berkualitas tinggi seperti mimpi. Film ini unggul dalam menggambarkan sinar matahari dan bayangan di tengah-tengah lanskap kota Tokyo.

Sinar matahari keemasan menembus blok kota yang gelap dalam satu saat, sementara genangan hujan yang gelap menangkap pantulan yang tajam. Ini adalah pesta visual yang sesuai dengan reputasi Shinkai sebagai seorang animator utama, dan berisi cerita yang baik dan komentar sosial untuk di-boot.


Demikian daftar rekomendasi film Jepang terbaik yang rilis pada tahun 2019 lalu. Dari sekian banyak film terbaik dari Jepang di atas, mana aja nih yang sudah kamu tonton?


1 Response to "11 Film Jepang Terbaik Tahun 2019, dari Masquerade Hotel sampai Weathering With You"

  1. cuma pernah nonton weathering with you. referensi bagus nih buat nonton film jepang di akhir pekan. :)

    BalasHapus