-->

Review Film Oppenheimer (2023), Ketegangan yang Begitu Intens

Ulasan Review film Oppenheimer ini mengandung spoiler!

Christopher Nolan dikenal sebagai sutradara dengan film-film yang luar biasa dan biasanya memerlukan pemikiran ekstra untuk memahaminya. Tiga tahun setelah merilis Tenet (2020), Nolan kembali dengan Oppenheimer, produksi film terbarunya.

Review Film Oppenheimer (2023), Ketegangan yang  Begitu Intens

Nolan sekarang menggarap film biopik tentang kehidupan J. Robert Oppenheimer—juga dikenal sebagai "Bapak Bom Tom"—yang diceritakan oleh Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer—seperti yang dia lakukan di Tenet. Film ini dibintangi oleh banyak aktor terkenal, termasuk Murphy dan Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr., dan Florence Pugh.

Film ini didasarkan pada buku biografi Kai Bird dan Martin J. Sherwin berjudul American Prometheus, yang bercerita tentang kehidupan J. Robert Oppenheimer, seorang ahli fisika teoretis yang membantu mengembangkan senjata nuklir di Proyek Manhattan. Ini menunjukkan ketertarikan Oppenheimer terhadap ilmu fisika, pertimbangannya untuk menjalankan proyek Manhattan, dan tanggung jawab moralnya setelah bomnya menghancurkan Jepang.

Simak review film Oppenheimer selengkapnya di bawah ini!


Review film Oppenheimer

Dialog yang intens dan padat

Menurut informasi, Oppenheimer berdurasi tiga jam, yang jelas bukan waktu yang singkat untuk dilihat di bioskop. Sejujurnya, menonton Oppenheimer selama tiga jam akan sangat menyenangkan karena film ini memiliki kecepatan yang cukup lambat. Nolan juga menggunakan dialog lebih banyak selama proses penceritaan filmnya, tetapi dia cukup berhasil membuat saya bertahan dari awal hingga akhir film.

Apa yang membuat saya menikmati film ini sampai akhir? Di hampir sepanjang film, Oppenheimer menghadirkan dialog yang sangat intens. Setiap dialog yang dia ucapkan sangat intens sehingga penonton memahami kisah hidup Oppenheimer. Di antara dialog yang diucapkan oleh setiap karakter di film ini, Nolan berhasil menciptakan ketegangan.

Review Film 'Oppenheimer', Karya Mind Blowing Dari ...

Nolan menggunakan visual berwarna dan hitam-putih dalam ceritanya, yang membuat Oppenheimer lebih menarik. Untuk informasi, Nolan menggunakan sudut pandang orang pertama saat menulis skenario Oppenheimer. Di sini, perspektif Oppenheimer digambarkan melalui gambar berwarna. Jadi, jika Anda memperhatikan, adegan hitam-putih pasti melibatkan Lewis Strauss (Robert Downey Jr.), dan itu mungkin perspektifnya.

Banyak karakter yang diperkenalkan Oppenheimer akan menjadi subjek kritik saya jika ada. Penonton sepertinya tidak bisa mengingat semua karakter yang muncul di film ini karena dialog yang intens dan padat. Ketika film ini dilihat dari sudut pandang Oppenheimer, untungnya tidak sulit untuk menghapal semua karakternya.

Para Aktor yang Menampilkan Kualitas Baik


Jika Anda melihat daftar aktor yang membintangi Oppenheimer, Anda sudah tahu bahwa film ini memiliki banyak aktor yang enggak main-main.. Pemeran film ini terdiri dari artis Hollywood terkenal, termasuk Cillian Murphy, yang berperan sebagai karakter utamanya, J. Robert Oppenheimer.

Orang yang telah melihat Murphy berakting di film atau serial televisi pasti tidak akan meragukan kemampuan aktingnya. Secara visual, Murphy mirip dengan Oppenheimer; kemudian, dalam aktingnya, Murphy benar-benar menceritakan semua kesulitan yang dialami Oppenheimer selama hidupnya.

Yang lebih mengagumkan lagi, Nolan mampu mengarahkan semua aktor besarnya untuk mendapatkan momen bersinarnya, bahkan jika aktor tersebut hanya muncul singkat di Oppenheimer. Selama menonton, saya melihat setiap aktor yang muncul di Oppenheimer tampil maksimal, tidak ada yang terlihat lemah.


Visual dan Scoring ala Nolan

Visual dan Scoring yang Oke
Rasanya sulit untuk meremehkan kualitas visual dan audio Nolan untuk film-filmnya. Nolan membuat presentasi visual dan audio yang mengejutkan Oppenheimer berulang kali. Nolan menunjukkan bahwa penggunaan efek visual praktis masih relevan, dengan mengatakan tanpa CGI sama sekali, dan hasilnya juga dapat bersaing dengan film-film modern yang menggunakan CGI.

Adegan Trinity, yang merupakan titik pertama uji coba ledakan senjata nuklir di Proyek Manhattan, tidak mengecewakan. Ledakannya tidak hanya nyata tetapi juga menegangkan. Selain itu, Nolan beberapa kali memasukkan detail kecil dari reaksi kimia atom, membuat nuansa ilmuwan dalam film ini lebih nyata. Kerja sama Nolan dengan sinematografer Hoyte van Hoytema di film ini tidak mengecewakan!

Nolan selalu membuat karya yang luar biasa. Film Oppenheimer mampu menampilkan ketegangan yang begitu intens melalui ceritanya yang menitikberatkan pada dialog. Selain itu, karena skrip dibuat dari sudut pandang orang pertama, penonton dapat merasakan lebih dalam keprihatinan dan tanggung jawab moral Oppenheimer sebagai orang yang bertanggung jawab atas tragedi global yang besar.

Kualitas visual tanpa CGI jelas tidak memuaskan. Selain itu, skornya yang luar biasa membuat ceritanya lebih kuat, membuatnya lebih kuat.


Demikian ulasan review film Oppenheimer (2023) karya terbaru Christopher Nolan.  Setelah baca review film Oppenheimer, apakah kamu jadi tertarik menonton film biopik ini?

0 Response to "Review Film Oppenheimer (2023), Ketegangan yang Begitu Intens"

Posting Komentar