-->

Rekomendasi Anime Mirip Bakuman, Tentang Kehidupan Mangaka Jepang

Mencari rekomendasi anime yang ceritanya mirip Bakuman?

Ketika kecil, Moritaka Mashiro ingin menjadi seniman manga seperti pamannya. Namun, setelah peristiwa-peristiwa tertentu terjadi, ia memfokuskan kembali upayanya untuk belajar di sekolah menengah.

Rekomendasi Anime Mirip Bakuman, Tentang Kehidupan Mangaka Jepang
Best Anime Like Bakuman

Suatu hari, calon penulis Akito Takagi memperhatikan beberapa gambar dalam buku catatan Moritaka dan mendekatinya untuk mengusulkan mereka menjadi mangaka bersama.

Menyadari bahwa dia mungkin bisa mendapatkan gadis yang ditaksirnya jika mereka membuat adaptasi anime dengan dia sebagai aktor suara, Moritaka Mashiro pun setuju, dan dengan demikian, mangaka Muto Ashirogi lahir.

Bakuman adalah sebuah manga yang menarik dan bercerita tentang perjuangan seorang mangaka dalam membuat manga berkualitas dan mencapai popularitas.

Jika Anda menyukai anime BAkuman, mungkin beberapa judul anime mirip Bakuman di bawah ini bisa juga Anda tonton!


7 Anime Mirip Bakuman


#1 - Shirobako


7 Anime Mirip Bakuman

Kelima anggota klub animasi Sekolah Menengah Kaminoyama semuanya berjanji untuk membuat proyek mereka untuk festival budaya sekolah sukses besar, kemudian pindah ke Tokyo dan bekerja di industri ini.


Maju cepat dua tahun ke depan dan dua anggota telah mewujudkan impian mereka, tetapi membuat anime bukanlah tugas yang mudah.

Jelas, Shirobako adalah anime tentang membuat anime dan bukan manga seperti di Bakuman, tetapi keduanya menunjukkan tampilan bahwa menciptakan media yang Anda sukai jauh lebih sulit daripada yang Anda bayangkan.

Dengan banyak stres, berjam-jam, dan sering sangat sedikit menghasilkan, kedua pertunjukan dapat memberi Anda rasa hormat untuk pekerjaan yang masuk ke semua yang Anda sukai.


#2 – Gekkan Shoujo Nozaki-kun


anime terbaik tentang mangaka jepang selain bakuman

Gekkan Shoujo Nozaki-kun atau Monthly Girl’s Nozaki-kun adalah salah satu anime seperti Bakuman, namun kali ini mengisahkan kehidupan mangaka Shoujo.

Chiyo Sakura jatuh cinta pada Umetarou Nozaki yang tampan dan tidak peka. Namun, ketika dia mengakui cintanya, Nozaki malah memberinya tanda tangan. Ternyata pria ini sebenarnya adalah seniman manga shoujo yang disegani.

Baca juga: Anime Mirip Darwin's Game


Setelah serangkaian kesalahpahaman, Chiyo akhirnya bukan berakhir sebagai pacarnya, tetapi sebagai asisten manga shoujo karya Nozaki.

Hanya ada satu hal yang membedakan kedua seri ini – anime Bakuman adalah tentang membuat manga shounen dan Nozaki-kun adalah tentang membuat manga shoujo.

Sementara Nozaki-kun cenderung menjadi sentuhan yang lebih komedi dan kurang serius dalam aspek pembuatan manga, keduanya menunjukkan pemisahan yang cukup baik antara aspek kehidupan, romansa, dan komedi.


#3 - Genshiken


rekomendasi anime yang mirip bakuman

Rekomendasi anime yang mirip Bakuman selanjutnya adalah Genshiken. Mengisahkan tentang Kanji Sasahara, mahasiswa baru yang introvert.

Untuk menemukan beberapa teman, ia berkunjung ke Masyarakat untuk Studi Budaya Visual Modern, atau dikenal sebagai Genshiken, tetapi menyangkal sepenuhnya sifat otaku. Namun, setelah berteman dengan anggota lain, ia segera perlahan ditarik ke dunia anime, manga, dan game.

Sementara anime Genshiken tidak benar-benar tentang orang yang membuat manga sepanjang waktu, itu, seperti Bakuman, berputar di sekitar orang yang menyukainya dan kegiatan otaku lainnya.

Keduanya berurusan dengan realisme menyukai dan membuat hal-hal otaku, tetapi Bakuman lebih tentang aspek bisnis sedangkan Ganshiken lebih tentang subkultur.


#5 -  Shoujo-tachi wa Kouya wo Mezasu


best anime like bakuman ever

Girls Beyond the Wasteland atau  Shoujo-tachi wa Kouya wo Mezasu adalah salah satu anime mirip Bakuman yang berkisah tentang Buntarou Hojo, siswa sekolah menengah dengan bakat menulis, tetapi tidak memiliki arah dalam kehidupan.

Ketika teman sekelasnya, Sayuki Kuroda memperhatikan bakatnya, dia menekannya ke dalam kelompok pengembangan gim perempuannya. Akankah ini terjun ke dalam pengembangan game hanya tentang permainan atau akankah itu mengajarkannya tentang kehidupan juga?


Meskipun Girls Beyond the Wasteland adalah tentang membuat game daripada manga, pada dasarnya memiliki pengaturan awal yang sama dengan Bakuman.

Dua orang yang relatif tanpa arah yang unggul dalam hal-hal tertentu ditarik ke dalam menciptakan bisnis, baik itu manga seperti di Bakuman atau permainan seperti di Girls Beyond the Wasteland.


#6 – Kakushigoto


anime kakushigoto wallpaper 2020

Rekomendasi anime tentang mangaka Jepang selanjutnya adalah Kakushigoto. Kakushi Gotou, seorang komikus yang menyembunyikan pekerjaannya dari putrinya, Hime. Kata "Kakushi Goto" dalam bahasa jepang bisa berarti "Sesuatu yang disembunyikan" dan bisa juga berarti "Pekerjaan Menggambar".


#7 – Mangaka-san to Assistant-san to The Animation


Rekomendasi Anime Mirip Bakuman, Tentang Kehidupan Mangaka Jepang

Satu lagi anime terbaik yang mirip anime Bakuman, yaitu Mangaka-san to Assistant-san to The Animation. 

Berkisah tentang Aito Yuuki, seorang mangaka (komikus) yang bekerja ditemani dengan asisten cantik, Ashisu Sahoto. Aito sering meminta asistennya untuk melakukan hal-hal aneh untuk dijadikan referensi dalam manga karyanya.


Demikian beberapa anime terbaik yang bercerita tentang mangaka jepang selain anime Bakuman. Jika kamu mempunyai rekomendasi anime lannya, langsung saja ditambahkan di kolom komentar!


1 Response to "Rekomendasi Anime Mirip Bakuman, Tentang Kehidupan Mangaka Jepang"

  1. Banyak anime yang seperti bakuman, tapi belum ada yang bisa menandingi kualitasnya hoho

    BalasHapus